ANALISA PENJADWALAN DENGAN MENGGUNAKAN CPM UNTUK MEMANAJEMEN WAKTU DAN BIAYA TENAGA KERJA PADA KAPAL TANKER H-288 (HC) DI PT. LMI

Oktaviana, Sekti (2017) ANALISA PENJADWALAN DENGAN MENGGUNAKAN CPM UNTUK MEMANAJEMEN WAKTU DAN BIAYA TENAGA KERJA PADA KAPAL TANKER H-288 (HC) DI PT. LMI. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perusahaan dalam menjalankan suatu proyeknya sering kali mengalami kesulitan dalam memanajemen waktu dan biaya. Perusahaan selaku pelaksana mengadakan perencanaan yang tepat agar dalam pelaksanaan kegiatan proyek berjalan dengan lancar, diselesaikan tepat waktu dan dengan biaya yang tepat. Keterlambatan jadwal yang tidak sesuai jadwal dengan perencanaan yang telah direncanakan pada pekerjaan pembangunan kapal tanker H-288 di PT. Lamongan Marine Industry, sehingga dalam mengoptimal durasi pekerjaan, dengan menggunakan metode CPM untuk mengetahui jumlah tenaga kerja, jam orang dan biaya tenaga kerja pada kapal tanker H-288 17.500 LTDW sebelum maupun setelah ada percepatan waktu pekerjaan. Network planing dengan menggunakan metode Critichal Path Method (CPM) adalah sebuah jadwal kegiatan pekerjaan berbentuk diagram network sehingga dapat diketahui pada area mana pekerjaan yang termasuk kedalam lintasan kritis. Dalam lintasan kritis digunakan untuk mempersingkat durasi penyelesaian pembangunan, menentukan pertambahan jumlah tenaga kerja, setelah itu menghitung jam orang, serta biaya tenaga kerja dari durasi sebelum dan sesudah di percepat. Penelitian ini dilakukan di PT. LMI Objek dalam penelitian ini adalah kapal tanker H-288 bagian hull construction dengan ukuran 17.500 LTDW. Dari hasil perhitungan perubahan durasi proyek kapal H-288 bagian hull construction yang awalnya 821 hari di percepat hari menjadi 655 hari, selisih 166 hari atau 22,06 %. Dengan adanya percepatan waktu pembangunan selama 166 hari akan terjadi penambahan jam orang (JO), jumlah tenaga kerja dan biaya tenaga kerja. Jam orang pada jalur kritis pada kegiatn B-G-L-P yang awalnya 702.592 JO dipercepat menjadi 738.936 JO selisih 36.344 atau 5,17 %, jumlah tenaga kerja yang awalnya 356 pekerja menjadi 384 pekerja selisih 28 pekerja atau 7,29 %, sedangkan pada biaya tenaga kerja yang awalnya Rp.4.984.809.735,- menjadi 6.357.361.409,- selisih Rp.1.372.5551.674,- atau 27,53 %. Kata Kunci: penjadwalan, diagram network, critichal path method, jam orang, biaya tenaga kerja ABSTRACT The company runs a project often have difficulty in managing time and cost. Company as the executor make proper planning so the implementation of project activities runs smoothly, completed on time and with the right cost. The delay in the schedule is not on schedule with the planning of the planned tanker development work on H-288 in pt. Lamongan Marine Industry, so in job duration, with optimization method using CPM to find out the number of hours of labor, people and labor costs on a tanker H-288 17,500 LTDW before and after there is an acceleration time of work. Network planing using Critichal Path Method (CPM) method is a schedule of work activities shaped diagram network so that it can be seen in the area where the work is included in the critical path. In the critical Path is used to shorten the duration of the completion of construction, after that calculate the man hours and labor costs from the duration of the before and after. This research was conducted in PT. LMI. The object of this research is tanker H-288 parts of the hull construction with a size of 17.500 LTDW. From the results of calculation changes in the duration of the project H-288 part hull construction originally 821 days accelerated to be 655 days or 22,06 %. With the acceleration of development time for 166 days will be the addition of man hours (JO), the number of labor and the cost of labor. Man hours on the critical path in part of B-G-L-P which was originally 702.592 JO accelerated to 738.936 JO difference 36.344 or 5.17 %, the amount of labor was originally 356 workers be 384 workers difference 28 workers or 7.29 %, while the cost of labor which was originally Rp.4.984.809.735,- be 6.357.361.409,- the difference of Rp.1.372.5551.674,- or 27,53 %. Keyword: schedulling, diagram network, critichal path method, man hours, labor costs

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:40
Last Modified: 19 Sep 2018 03:40
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item