ANALISA PEMILIHAN NACA AIRFOIL PADA RUDDER TERHADAP NILAI TAHANAN KAPAL DAN KEBUTUHAN DAYA MESIN

Winarti, Hanik (2017) ANALISA PEMILIHAN NACA AIRFOIL PADA RUDDER TERHADAP NILAI TAHANAN KAPAL DAN KEBUTUHAN DAYA MESIN. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penerapan bentuk kemudi dengan plate atau NACA yang berbeda dihasilkan nilai kebutuhan daya mesin yang berbeda. Sehingga dapat dilakukan seleksi atau pemilihan bentuk NACA yang paling efisien terhadap pemilihan mesin utama berdasarkan kebutuhan daya. Pada umumnya mesin yang memiliki daya lebih rendah memiliki harga yang lebih murah, dan memiliki berat yang lebih ringan sehingga mampu dilakukan optimalisasi pada Deadweight Ton. Pada Tugas Akhir ini akan menghitung hasil nilai dari tahanan kapal total dan kebutuhan daya mesin berdasarkan bentuk rudder yang berbeda. Hasil dari perhitungan tersebut dapat diketahui perbandingan dari setiap bentuk rudder dengan plate maupun NACA dari nilai tahanan kapal dan kebutuhan daya mesinnya. Dalam analisa ini mengunnakan kondisi rudder yang berbeda-beda yaitu kondisi 0 o , 20 o dan 30 o . Bentuk rudder yang digunakan adalah rudder plate, rudder NACA 00-15 dan rudder NACA 00-25. Pengujian analisa ini menggunakan bantuan software ANSYS CFD untuk mengetahui nilai tahanan pada rudder. Nilai tahanan rudder berdasarkan hasil analisa ANSYS didapatkan bahwa rudder yang menggunakan NACA 00-15 memiliki tahanan terendah dan yang menggunakan NACA 00-25 memiliki tahanan terbesar. Nilai tahanan kapal total dengan rudder plate sebesar 29,99 kN kebutuhan daya mesin sebesar 209,7 kW, nilai tahanan kapal total untuk rudder NACA 00-15 sebesar 28,8 kN kebutuhan daya mesin sebesar 201,4 kW dan nilai tahanan kapal total untuk rudder NACA 00-25 sebesar 30,27 kN kebutuhan daya mesin sebesar 211,7 kW. Sehingga rudder yang paling efisien untuk dipilih adalah rudder NACA 00-15. Karena rudder NACA 00-15 mempunyai daya rendah tapi menghasilkan kecepatan yang tinggi dibanding dua type rudder lainnya. Untuk kondisi berbelok rudder plate lebih efisien digunakan. Kata kunci : rudder, NACA, ANSYS CFD, tahanan kapal, daya mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:35
Last Modified: 19 Sep 2018 03:35
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item