KAJIAN TEKNIS PEMILIHAN MATERIAL FLOORING PADA KAPAL KELAS 1 KENAVIGASIAN

Ulya, Uzlatun Nurul (2017) KAJIAN TEKNIS PEMILIHAN MATERIAL FLOORING PADA KAPAL KELAS 1 KENAVIGASIAN. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Geladak kapal pada daerah akomodasi kapal berfungsi ganda yaitu sebagai atap dan sebagai pondasi struktur pada konstruksi yang berada di atasnya atau sebagai dasar konstruksi lantai pada kapal. Pelantaian pada geladak kapal terdiri dari beberapa lapisan, yaitu bonding agent, lapisan cor, lem dan material penyelesaian pelantaian (vinyl). Pada lapisan cor biasanya menggunakan semen konvensional. Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi, kini penyajian semen telah dikemas secara praktis oleh pabrik pembuat. Sehingga terdapat beberapa material alternatif untuk proses pelantaian. Masing-masing material memiliki spesifikasi teknis yang berbeda, Sehingga diperlukan analisis pengkajian secara teknis pemilihan material pelantaian. Proses analisis dilakukan dengan tujuan mengetahui kebutuhan masing-masing material untuk setiap luasan. Waktu pengerjaan pada proses pelantaian yang dibutuhkan dengan menggunakan masing-masing material untuk pelantaian pada tiap luasan. Sehingga dapat diketahui biaya dan lama waktu pengerjaan yang dibutuhkan untuk pelantaian pada kapal kelas 1 kenavigasian. Dari perhitungan diperoleh luas lantai pada kapal kelas 1 kenavigasian sebesar 445,55 m 2 . Apabila pada pelantaian menggunakan material semen konvensional, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 42.320.000,- dengan waktu pengerjaan pelantaian selama 6 hari. Apabila menggunakan material mortar, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 41.175.000,- dengan waktu pengerjaan pelantaian selama 6 hari. Sedangkan, apabila menggunakan material sika floor, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 78.490.000,- dan waktu pengerjaan pelantaian selama 7 hari. Kata kunci : geladak, flooring, sika floor, mortar. ABSTRACT Accomodation deck of ship has two function that is used as the roof and use as the structure of foundation for the construction which on it or for the base floor construction in a ship. Flooring method in a ship there is some layer, such as bonding agent, mixed perlite, glue, and finishhing materialistic. In mixed perlite usually use cement for bond materialistic. In a row time there is a instan cement. So, there’s some alternative material to used for flooring. Each of materials has different cost, strength, and specification technic. So,here must be analisys about election flooring materials Analisys is done with the purpose to know the needed each of material in every m 2 . And for knowing how many time is used to doing the process of flooring in every m 2 . And then here’s can be found the cost for flooring using each material and how long for flooring using each material for class 1 navigation ship. From the calculation there’s know the width of navigation ship is 445,55 m 2 . The cost if used conventional cement is Rp. 42.320.000,- with the working time for flooring 6 days. And using mortar materialistic need Rp. 41.175.000,-with the working time is 6 days. And using sika floor need Rp. 78.490.000,- with the working time is 7 days. Keywords : deck , flooring, sika floor, mortar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:43
Last Modified: 19 Sep 2018 02:43
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item