STUDY PERBANDINGAN BERAT DN TITIK BERAT KAPAL BENTUK LAMBUNG HARD CHINE DAN ROUND BOTTOM PADA KAPAL FRP

FADHILAH, AYU NUR (2017) STUDY PERBANDINGAN BERAT DN TITIK BERAT KAPAL BENTUK LAMBUNG HARD CHINE DAN ROUND BOTTOM PADA KAPAL FRP. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal berbahan fiberglass memiliki peran penting di dalam menunjang transportasi laut nasional khususnya di wilayah pantai. Kapal jenis ini juga memiliki beberapa keuntungan teknis dan ekonomis, sehingga kebutuhannya terus meningkat. Pembuatan kapal jenis ini juga mempunyai bentuk dan jenis yang beraneka ragam. Perbedaan bentuk dan jenis ini salah satunya adalah perbedaan bentuk badan kapal. Bentuk badan kapal yang berbeda sangat berpengaruh pada stabilitas kapal tersebut. Maka dari itu perlu dilakukan perhitungan berat dan titik berat kapal, dan juga permodelan bentuk lambung kapal pada software maxsurf. Dalam tugas akhir ini bentuk badan kapal yang akan di bahas yaitu bentuk lambung hard chine dan round bottom. Pembuatan bentuk lambung kapal disesuaikan berdasarkan jenis kapal, fungsi dan muatannya. Sehingga dalam tugas akhir ini didapatkan data jenis kapal boat yang akan digunakan sebagai alat transportasi wisata. Hasil yang di dapatkan untuk kapal bentuk lambung hard chine, dengan berat kapal sebesar 852.85 kg dan titik berat (LCG) berada -0.178 dari midship . Sedangkan untuk bentuk lambung round bottom didapatkan berat kapal sebesar 713.128 kg dan titik berat (LCG) bearada -0.142 dari midship . Kata kunci : fiberglass, software maxsurf, hard chine, round bottom. ABSTRACT Fiberglass ships have an important role in supporting national marine transportation, especially in coastal areas. Type of vessel also has some technical and economic advantages, so its needs continue to increase. This type of shipbuilding also has a variety of forms and types. Differences form and type one of them is the difference in the shape of the ship. The shape of the different ships is very influential on the stability of the vessel. Therefore it is necessary to calculate the weight of the ship, and also the model of the hull shape of the software maxsurf. In final project the shape of the ship that will be discussed is the hard chine hull form and the round bottom. The hull form is customized according to ship type, function and cargo. So in this final duty is obtained data type of boat that will be used as a means of transportation tours The resul for hard chine hull ship, with ship weight of 852.85 kg and weight (LCG) are -0.178 from midship. As for the round hull shape of the ship obtained weight of 713.128 kg and weight (LCG) bearada -0.142 from midship Keyword : Fiberglass, Hard chine, Round bottom

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:41
Last Modified: 19 Sep 2018 02:41
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item