PERENCANAAN END LAUNCHING PADA KAPAL PERINTIS 2000 GT MENGGUNAKAN AIRBAG.

Zakaria, Afnan Malik (2017) PERENCANAAN END LAUNCHING PADA KAPAL PERINTIS 2000 GT MENGGUNAKAN AIRBAG. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Peluncuran kapal (Ship Launching) adalah langkah menurunkan kapal dari landasan peluncuran dengan menggunakan gaya berat kapal atau dengan memberikan gaya dorong tambahan. Metode peluncuran kapal yang semakin sering digunakan di dunia perkapalan saat ini menggunakan fasilitas airbag. Untuk meningkatkan mutu dari perusahaan dan memberikan kontribusi terhadap permintaan konsumen, PT. Orela Shipyard akan meluncurkan kapal Perintis 2000 GT menggunakan fasilitas airbag dengan metode end launching. Untuk memastikan kondisi kapal maka dilakukan pemeriksaan sarat kapal dan kedalaman air laut, perhitungan jumlah airbag, perencanaan diagram peluncuran dan proses perlakuan yang diperlukan supaya kapal dapat meluncur dengan aman. Pemeriksaan sarat kapal dan kedalaman air laut dilakukan untuk mengetahui aman atau tidaknya kapal yang diluncurkan. Perencanaan jumlah airbag berdasarkan kapasitas dari airbag yang digunakan serta berat total dari kapal yang akan diluncurkan. Perlu dilakukan pemasangan wirerope dengan tujuan untuk mengatur kecepatan peluncuran agar kapal tidak meluncur dengan bebas dan perhitungan beban yang disediakan oleh winch. Perencanaan diagram peluncuran juga diperlukan untuk mengetahui apakah kapal dapat diluncurkan dengan aman. Dari hasil perhitungan, berat beban peluncuran adalah 1307,03 ton dan titik berat memanjang kapal -4,34 terhadap midship. Dengan berat total tersebut, diperoleh hasil perhitungan jumlah airbag yang digunakan dalam proses peluncuran adalah sebanyak 17 buah airbag. Berdasarkan diagram peluncuran yang diperoleh, diketahui bahwa pada peluncuran kapal mengalami tipping pada langkah ke 8. Solusi untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan menambahkan ballast sebesar 10 ton pada forepeak tank dengan LCG 29 m didepan midship. Dengan perlakuan tersebut dapat diketahui bahwa hasil peluncuran dapat berjalan lancar dan aman dengan diperolehnya sarat buritan (Ta) sebesar 1,94 m dan sarat haluan (Tf) sebesar 1,78 m, yang masih lebih kecil dari kedalaman ujung landasan sebesar 2,61 m. Kata Kunci : Peluncuran, Metode Peluncuran, Airbag, Diagram Peluncuran ABSTRACT The launch of the ship (Ship Launching) is a step lower ship from the launch pad by using a gravity ship or by providing additional thrust. The ships launch methods are increasingly being used in the shipping world currently use airbags. To improve the quality of the company and contributes to consumer demand, PT. Orela Shipyard will launch Pioneering 2000 GT boat using airbags with launching high-end method. To ensure the condition of the ship then performed loaded ships and the depth of the sea water, the calculation of the number of airbags, planning and launch the process diagram of the treatment that is necessary so that the ships can glide safely. Inspection of loaded ships and the depth of the sea water is conducted to find outwhether secured or ship that is launched. Planning the number of airbags based oncapacity of airbags that are used as well as the total weight of the ship will be launched. The installation needs to be done for the purpose of regulating the wirerope speed launch so that the ship does not slide freely and load calculation provided by the winch. Planning the launch of a diagram is also required to determine whether the ship can be launched safely. From the results of the calculation, the weight load of the launch is 1307.03 tons and heavy point extends 4.34 ships towards midship. With the total weight of the calculation result, obtained the number of airbags that are used in the process of launching was as much as 17 airbags. Upon launch of the diagram is obtained, it is known that at the launch of the vessel undergoes tipping in step 8. Solution to solve this problem can be done by adding ballast of 10 tons in forepeak tanks with LCG 29 m in front of midship. With treatment it can be noted that the results of the launch can go smoothly and safely with getting full aft (Ta) amounted to 1.94 m and loaded bow (Tf) of 1.78 m, which is still smaller than the depth of the end of the runway of 2.61 m. Keywords: Launch, The Launch Method, Airbags, Diagrams Of The Launch

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:22
Last Modified: 19 Sep 2018 02:22
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item