PENGARUH PENGGUNAAN SIDE STRINGER TERHADAP BERAT KONSTRUKSI PADA BLOK MD 6 DAN TD 6 KAPAL PERINTIS 2000 GT DI PT. JANATA MARINA INDAH

Saputro, Johan Agus (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SIDE STRINGER TERHADAP BERAT KONSTRUKSI PADA BLOK MD 6 DAN TD 6 KAPAL PERINTIS 2000 GT DI PT. JANATA MARINA INDAH. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara maritim dengan 70% wilayahnya merupakan laut. Hal ini menjadikan transportasi laut sebagai kebutuhan pokok untuk sarana menghubungkan antar pulau di Indonesia sehingga perataan kesejahteraan di Indonesia dapat tercapai. Kapal perintis 2000 GT dengan kapasitas 472 penumpang di bangun oleh pemerintah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Kapal tersebut direncanakan dengan konstruksi yang ringan namun dapat menahan beban yang diterima oleh kapal. Rekayasa konstruksi diperlukan untuk effisiensi material. Salah satu rekayasa yang dimaksudkan adalah penggunaan side stringer. Berat blok dipengaruhi oleh berat konstruksi yang ada pada blok. Ukuran konstruksi menjadi faktor yang mempengaruhi berat blok. Untuk menentukan ukuran konstruksi diperlukan perhitungan modulus sehingga di dapat konstruksi yang effisien. Dalam hal ini modulus konstruksi dihitung berdasarkan rules BKI volume II. Perhitungan modulus meliputi perhitungan modulus main frame dan web frame yang dipengaruhi oleh side stringer sedangkan berat konstruksi diperoleh dari volume penampang konstruksi dikalikan dengan massa jenis baja,sehingga diperoleh berat masing – masing konstruksi. Berdasarkan hasil perhitungan pada bab pembahasan, maka dapat disimpulkan berat konstruksi lok TD 6 dengan menggunakan side stringer adalah 11140,8 kg dan tanpa side stringer adalah 11438,08 kg. Berat kontruksi blok MD 6 dengan menggunakan side stringer adalah 10561,94 kg, dan tanpa side stringer adalah 10634,48 kg. Perbedaan berat konstruksi blok TD 6 tanpa menggunakan side stringer dan dengan side stringer yaitu 297,28 kg. Sedangkan blok MD 6 yaitu: 72,54 kg. Sehingga dapat disimpulkan berat konstruksi dengan side stringer lebih ringan dibanding tanpa side stringer. Kata kunci : konstruksi,side stringer,kapal perintis 2000 GT, modulus, BKI ABSTRACT Indonesia is a maritime country with 70% of its territory is sea. It makes sea transport as a basic requirement for a means of linking between islands in Indonesia so that Indonesia's welfare the alignment can be achieved. Ship pioneer 2000 GT with a capacity of 472 passengers built by the Government in an effort to meet those needs. The ships were planned with a lightweight construction however can withstand loads received by ship. Engineering construction necessary for material efficiency. One engineering meant was the use of side stringer. The weight of the blocks affected by the heavy construction on the block. The size of the construction into the factors that affect the weight of the block. To determine the size of the modulus calculation so that the necessary construction in construction can disappear. In this case the modulus is calculated based on construction rules BKI volume II. Calculation of modulus modulus calculation includes the main frame and the frame is affected by web side stringer while heavy construction obtained from the cross section of the construction volume multiplied by the density of steel, so that each weight obtained construction. Based on the results of the calculations on chapter discussion, then it can be inferred the heavy construction lok TD 6 using the side stringer was 11140.8 kg and without side stringer is 11438.08 kg. The weight of the construction blocks MD 6 using the side stringer was 10561.94 kg, and without the side stringer is 10634.48 kg. The difference in the weight of the construction blocks TD 6 without using the side by side stringer and stringer namely 297.28 kg. While block MD 6:72.54 kg. So that construction can be summed up with the side stringer is lighter than without the side stringer. Keywords: construction, side stringer, a pioneer of the 2000 GT, modulus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:13
Last Modified: 18 Sep 2018 06:13
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item