Mohammad Joyo, Widarto (2015) REDESIGN KAPAL TONGKANG (BARGE) MENJADI KAPAL PUSH HOPPER BARGE. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
Tongkang atau Barge merupakan sarana atau alat angkutan laut yang umumnya banyak digunakan untuk mengangkut barang, baik barang padat (kayu log, mesin – mesin), curah (batubara), ataupun cair (minyak mentah/crude oil). Selain untuk alat angkutan laut, tongkang yang telah direkonstruksi atau dimodifikasi banyak digunakan sebagai kapal akomodasi, hotel terapung, dan keperluan lainnya di lokasi proyek di perairan dan laut. Sedangkan hopper barge adalah tongkang yang digunakan untuk menampung lumpur dan dibongkar melalui pintu alas yang dapat dibuka. Kapal Push Hopper Barge adalah tongkang yang mengangkut lumpur dan proses bongkar (unloading) dengan cara membuka pintu yang ada pada alas ruang muat yang mana mesin penggeraknya menggunakan bantuan kapal tunda (tugboat) sebagai pendorongnya (pusher). Proses redesign ini dilakukan dengan pembuatan model (design) kapal dengan menyesuaikan bentuk haluan, sarat maksimal kapal tugboat yang berfungsi sebagai pendorong (pusher) dan displacement kapal push hopper barge. Kapal push hopper barge ini mampu mengangkut lumpur sebanyak 1075,7754 ton dan mampu mengangkut kontainer sebanyak 38 kontainer. Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa kapal push hopper barge ini telah memenuhi criteria stabilitas dari IMO. Dari beberapa kondisi pemuatan, nilai GZ paling tinggi didapat pada saat mengangkut lumpur dengan kondisi sarat kosong yaitu dengan nilai GZ 5,39 m pada 24,5˚. Kondisi kritis didapat pada kondisi kapal dengan muatan penuh pada saat mengangkut lumpur yaitu dengan nilai GZ 2,41m pada 25,5˚. Kata Kunci : Redesign, konstruksi, Stability, Resistance ABSTRACK Barge is a means or sea transport equipment which is generally used for transporting goods, both solid goods (logs, machine - machine), bulk (coal), or liquid (crude oil). In addition to means of sea transport, barge which has been reconstructed or modified widely used as an accommodation ship, floating hotels, and other necessities at the project site in the waters and sea. While the hopper barge was used to accommodate the mud and unloaded through doors that open pedestal. Ship Push hopper barge is a barge that transports sludge and unloading process by opening the door that is on the bottom of the load space where the driving machine using aid as pusher tugs. This is done with the redesign process modeling (design) to adjust the shape of the bow of the vessel, the maximum draft tugboat that serves as the driving force (pusher) and displacement push hopper barge ship. Push-hopper barge ship is capable of transporting as much mud 1075.7754 tons and is capable of transporting containers as much as 38 containers. From the analysis it can be seen that the push-hopper barge ship is in compliance with stability criteria of IMO. Of some loading conditions, GZ highest values obtained when carrying the mud with empty loaded condition with a value of 5.39 m on 24,5˚ GZ. Critical condition obtained on the condition of the ship with a full load when transporting the mud with a value GZ 2,41m on 25,5˚. Keywords: Redesign, construction, Stability, Resistance
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 25 Aug 2018 03:32 |
Last Modified: | 25 Aug 2018 03:32 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/89 |
Actions (login required)
View Item |