ANALISA PERUBAHAN KONSTRUKSI TANKTOPAKIBAT PENAMBAHAN BEBAN TANK PADA KAPAL KRI 518 (TELUK KENDARI)

Wibowo, Lukky Setya (2017) ANALISA PERUBAHAN KONSTRUKSI TANKTOPAKIBAT PENAMBAHAN BEBAN TANK PADA KAPAL KRI 518 (TELUK KENDARI). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Konstruksi menjadi salah satu hal terpenting dalam proses pembuatan kapal. Kekuatan dari suatu kapal akan tergantung dari struktur konstruksi yang digunakan. Kapal KRI 518 (Teluk Kendari) merupakan kapal perang milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dirancang dapat mengangkut kendaraan perang. Kendaraan perang yang dapat diangkut oleh kapal ini adalah tank Leopard 2A4 dengan berat @60 ton dan Panser amfibi dengan berat @55 ton. Beban dari tank tersebut ditumpu oleh konstruksi tanktop dimana pada bagian tersebut menjadi geladak tank. Konstruksi dari geladak tank menjadi bagian yang paling rawan apabila terjadi penambahan beban tank. Akibat penambahan beban tank pada kapal diasumsikan akan mempengaruhi stabilitas kapal. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini perlu dilakukan analisa stabilitas setelah dilakukannya perubahan beban tank. Dalam kasus ini maka diperlukan analisa perubahan konstruksi tanktop yang digunakan yang mana dapat menjamin kekuatan konstruksi tanktop. Metode pengerjaan analisa tugas akhir ini diawali dengan memperhitungkan beban pada konstruksi akibat penambahan beban tank. Kemudian dari perhitungan tersebut akan ditentukan ketebalan plat dan ukuran profil yang digunakan pada konstruksi tanktop. Berdasarkan perhitungan konstruksi alas dalam, didapatkan hasil bahwa diperlukan perubahan ukuran konstruksi web beam dari 800x12/280x15 menjadi 800x12/280x15 agar kapal KRI 518 (Teluk Kendari) dapat memuat tank Leopard 2A7 yang berjumlah 12 tank. Untuk stabilitas kapal setelah dilakukan perubahan muatan masih sesuai dengan standart criteria stabilitas IMO A.749 (18). Kata kunci: Kapal angkut tank, konstruksi, tanktop, beban, stabilitas. Construction becomes one of the most important things in the shipbuilding process. The strength of a vessel will depend on the structure of the construction used. The KRI 518 (Teluk Kendari) ship is a warship owned by the Indonesian National Army (TNI) which is designed to transport war vehicles. War vehicles that can be transported by this ship are Leopard 2A4 tanks weighing @ 60 tons and amphibious Panzer weighing @ 55 tons. The load from the tank is supported by a tanktop construction where it becomes a tank deck. Construction of the tank deck becomes the most vulnerable part in the event of additional tank loads. The increase of tank load on the vessel is assumed to affect the stability of the ship. Therefore in this final task need to be calculate the stability analysis after the change of tank load. In this case it is necessary to analyze the changes in tanktop construction used which can guarantee the strength of tanktop construction. The method of this final project analysis begins by taking into account the load on the construction due to the addition of the tank load. Then from the calculation will be determined plate thickness and profile size used in tanktop construction. Ased on the calculation of inner bottom construction, it is found that it is necessary to change the size of web beam construction from 800x12 / 280x15 to 800x12 / 280x15 so that ship KRI 518 (Teluk Kendari) can load Leopard 2A7 tanks totaling 12 tanks. For the stability of the ship after the load changes are still in accordance with the standard criteria of IMO A.749 stability (18). Keywords: Tanker transport ships, construction, tanktop, load, stability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:10
Last Modified: 18 Sep 2018 06:10
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item