ANALISA STABILITAS AKIBAT PENGARUH PENAMBAHAN RUANG MUAT PADA MIDSHIP KM X DENGAN MAXSURF

Havasy, Fahmi Muhammad (2017) ANALISA STABILITAS AKIBAT PENGARUH PENAMBAHAN RUANG MUAT PADA MIDSHIP KM X DENGAN MAXSURF. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari 17.000 pulau, dan 516 kabupaten dan kota yg tersebar di seluruh pelosok negeri ini, sementara 2/3 bagian dari indonesia adalah lautan, moda tranportasi kapal menjadi salah satu pilihan andalan untuk menghubungkan antar pulau di indonesia, untuk peningkatan kualitas banyak kapal yang mengalami perubahan bentuk, seperti kapal KM X yang mengalami perubahan panjang Pada kapal KM X ini akan dilakukan analisa stabilitas setelah penambahan panjang, analisa yang dipakai meliputi 4 kondisi yaitu kondisi 1 saat kapal kosong, kondisi 2 saat kapal muatan 50%, kondisi 3 kapal 75%, dan kondisi 4 kapal muatan penuh. Analisa ini dibantu dengan menggunakan software maxsurf modeller dan maxsurf stability untuk membantu menghitung stabilitas kapal. Acuan analisa stabilitas ini menggunakan standart IMO section A.749 (18). Setelah dilakukan analisa stabilitas pada kapal KM. X yang mengalami penambahan panjang dapat diketahui bahwa tiap-tiap kondisi pemuatan kapal masih memenuhi standart IMO section A.749 (18) dan dinyatakan layak untuk berlayar. Kata kunci : Stabilitas, KM X, IMO, Maxsurf stability ABSTRACT Indonesia is an archipelago consisting of 17,000 islands and 516 districts and cities scattered throughout the country, while 2/3 parts of Indonesia is oceans, transportation mode of vessel becomes one of the mainstay option to connect between islands in Indonesia, for improvement The quality of many ships that have changed shape, such as the ship KM X that undergoes a long change In this KM X vessel will be analyzed the stability after the addition of length, the analysis used includes 4 conditions namely condition 1 when the vessel is empty, condition 2 when the vessel 50%, the condition of 3 ships 75%, and condition 4 full cargo ship. This analysis is assisted by using maxsurf modeller and maxsurf stability software to help calculate ship stability. This stability analysis reference uses the standard IMO section A.749 (18). After analyzing the stability on the ship KM. X which has a long increase can be seen that each ship loading condition still meets the standard IMO section A.749 (18) and declared eligible to sail. Keyword : Stability, KM X, IMO, Maxsurf stability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2018 05:47
Last Modified: 18 Sep 2018 05:47
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item