ALTERNATIF DESAIN KONSTRUKSI FRAME RADIATOR SEBAGAI OPTIMALISASI PEMASANGAN RADIATOR PADA KERETA KRDE MINANGKABAU

Agung, Zulkarnaen Wahyu (2017) ALTERNATIF DESAIN KONSTRUKSI FRAME RADIATOR SEBAGAI OPTIMALISASI PEMASANGAN RADIATOR PADA KERETA KRDE MINANGKABAU. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan Negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar. Untuk daerah yang memiliki penduduk yang padat, kereta api merupakan sarana transportasi massal yang recommended. Kereta api memiliki kapasitas penumpang yang besar. Seperti pada kereta ekonomi (K3). Dalam 1 gerbong dapat memuat hingga 106 penumpang. Untuk peningkatan sarana kereta api maka akan dioperasionalkan kereta jenis KRDE di Minangkabau. Pada kereta KRDE ini rencana akan dibuat kereta berpenggerak motor traksi dan dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk waktu operasionalnya, kereta KRDE ini juga akan dioperasionalkan dalam jangka waktu yang lama. Dengan rencana tersebut maka kereta KRDE Minangkabau ini membutuhkan spesifikasi mesin yang besar. Otomatis suhu yang dihasilkan pada saat pembakaran pun tinggi. Sehingga diperlukan radiator dengan spesifikasi yang besar agar suhu pembakaran pada mesin dapat diturunkan. Dalam konsep umum pada kereta api, kinerja mesin yang bekerja selama operasional dalam waktu yang lama dan tenaga yang besar. Saat mesin bekerja maksimal, akan terjadi peningkatan suhu pada mesin. Dari masalah tersebut diperlukan Radiator yang memiliki spesifikasi seimbang dengan mesin. Maka dari itu perencanaan profil yang kuat pada konstruksi frame radiator. Karena Konstruksi penyangga radiator tersebut sangat diperlukan secara kuat dan efisien, sehingga diperlukan alternatif desain lay out untuk frame radiator. Kata kunci: KRDE, Konstruksi, Radiator, profil, frame, lay ABSTRACT Indonesia is a country with a large population. For areas that have dense residents, trains are a recommended means of mass transportation. The train has a large passenger capacity. As with the economic train (K3). In one carriage can carry up to 106 passengers. To increase the railway facilities will be operated KRDE type train in Minangkabau. In this KRDE train plan will be made traction motor traction and can go at high speed. For the operational time, this KRDE train will also be operationalized for a long time. With these plans, the Minangkabau KRDE train requires a large engine specification. Automatic temperature generated at the time of combustion was high. So it takes a radiator with a large specification so that the combustion temperature on the engine can be lowered. In the general concept of a railway, the performance of a machine that operates during long operation and great power. When the machine works maximally, there will be an increase in temperature on the machine. Of the problems required Radiator that has a specification balanced with the machine. Therefore a strong profile planning on the frame radiator construction. Because the construction of the radiator buffer is needed strongly and efficiently, so it is necessary alternative layout design for frame radiator. Keywords: KRDE, Construction, Radiator, profile, frame, lay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2018 05:45
Last Modified: 18 Sep 2018 05:45
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item