PERHITUNGAN PENYEBAB PUTUSNYA RANTAI JANGKAR PADA KAPAL TUG BOAT GLOBAL MANDIRI VII DITINJAU DARI FAKTOR BERAT JANGKAR HALUAN, FAKTOR DAYA TARIK WINDLASS DAN FAKTOR KOROSI

Ardiani, Wulandari (2015) PERHITUNGAN PENYEBAB PUTUSNYA RANTAI JANGKAR PADA KAPAL TUG BOAT GLOBAL MANDIRI VII DITINJAU DARI FAKTOR BERAT JANGKAR HALUAN, FAKTOR DAYA TARIK WINDLASS DAN FAKTOR KOROSI. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecelakaan putusnya rantai jangkar bisa dikatakan sering terjadi khususnya saat melakukan survey pada kapal tug boat global Mandiri VII ditemukan bahwa jangkar haluan sebelah kiri tidak ada atau rantai jangkarnya putus, untuk mengetahui penyebab hilangnya jangkar atau terputusnya rantai jangkar pada kapal Tug Boat Global Mandiri VII ataupun pada kapal – kapal lain perlu dilakukan pemeriksaan atau pengecekan penyebab putusnya rantai jangkar kapal. Kasus semacam ini pastinya terjadi karena banyak faktor yang mendukung, seperti human error ataupun memang ketidaksesuaian jangkar yang di pasang pada kapal. Dalam tugas akhir ini dilakukan perhitungan mengenai faktor – faktor yang berpengaruh terhadap putusnya rantai jangkar kapal tug boat Global Mandiri VII ditinjau dari faktor berat jangkar haluan, faktor daya tarik windlass dan faktor korosinya, dimana setelah dilakukan perhitungan faktor – faktor tersebut maka dapat diketahui penyebab utama putusnya rantai jangkar kapal tug boat Global Mandiri VII disebabkan oleh faktor apa. Setelah mengetahui faktor utama penyebab terputusnya rantai jangkar diharapkan terputusnya rantai jangkar tidak terjadi kembali dan kapal dapat beroperasi dengan normal dan lancar. Kata kunci : rantai jangkar, berat jangkar, daya tarik windlass, korosi Broken anchor chain accident commonly happen especially when conducted a survey to Global Mandiri VII tug boat ships which founded that the left bow anchor is lost or broken, to know the causes of the missing anchor or the reason why the anchor chain is broken on Global Mandiri VII tug boat ships and other ships, the inspection of the broken anchor chain causes is needed. This kind of cases must be happen by many factors inside it, such as human error or indeed it causes by the mismatch of the anchor on the ships. TThis thesis will calculate the factors that suspected become the cause of broken anchor chain on Global Mandiri VII tig boat ships. The factor are bow anchor weight, windlass appeal and corrosion factor. Which is when the calculation of the factors is done, the main cause of the broken anchor chain on Global Mandiri VII tug Boat ships will be known. After the main cause of the broken anchor chain is known, we expect that this kind of cases will never happen again and the ship can be operated normally. Keyword : anchor chain, anchor’s weight, windlass appeal, corrosion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2018 03:22
Last Modified: 25 Aug 2018 03:22
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item