STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN BULB PROFIL DENGAN PROFIL SIKU PADA KAPAL FERRY RO-RO 2000 GT

Widyiastuti, Trianasari (2016) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN BULB PROFIL DENGAN PROFIL SIKU PADA KAPAL FERRY RO-RO 2000 GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

LWT (Light Weight Tonnage) dari perencanaan pembuatan kapal harus didapatkan nilai yang sekecil mungkin. LWT dipengaruhi oleh berat konstruksi yang digunakan, salah satunya adalah berat profil atau penguat yang digunakan. Jenis-jenis profil yang digunakan adalah profil siku, profil bulb, profil I, profil U, profil H dan lain-lain. Oleh karena itu penulis akan membandingkan berat dari penggunaan-penggunaan profil bulb plate dan profil siku dari suatu kapal berdasarkan modulus yang sama. Proses perbandingan dilakukan berdasarkan desain konstruksi kapal yang sudah ada. Kapal yang digunakan adalah kapal Ferry Ro-Ro 2000 GT. Gambar desain blok yang digunakan adalah desain blok tertentu yaitu blok 116-01dengan jenis profil yang digunakan adalah profil bulb plate. Profil bulb plate dari blok tersebut terdapat dua macam modulus profil yang digunakan yaitu 110 cm 3 dan 74 cm 3 . Kedua modulus tersebut akan di konversikan dengan profil siku. Penentuan konversi modulus tidak menghitung sendiri tapi berdasarkan konversi dari tabel anneks BKI. Dari konversi tersebut berat profil persatuan panjang dan perbandingan berat total pada blok 116-01akan dilakukan perbandingan. Berdasarkan gambar desain yang sudah ada dapat diketahui bahwa profil bulb dengan modulus 110 cm 3 mempunyai ukuran 160x8 yang setara dengan profil siku dengan ukuran 130x75x8 sedangkan profil bulb dengan modulus 74 cm 3 mempunyai ukuran 140x7 yang setara dengan profil siku dengan ukuran 100x50x10. Berdasarkan hasil perhitungan berat profil persatuan panjang dengan modulus 110 cm 3 untuk profil bulb ukuran 160x8 = 13.46 kg/m setara dengan berat profil siku ukuran 130x75x8 = 12.37 kg/m sedangkan berat profil persatuan panjang dengan modulus 74 cm 3 untuk profil bulb ukuran 140x7 = 9.75 kg/m setara dengan berat profil siku ukuran 100x50x10 = 10.99 kg/m. Dalam satu blok 116-01 berat total profil dengan modulus 110 cm 3 untuk profil bulb ukuran 160x8 adalah 2.67 ditambah berat braket 0.48 ton adalah 3.15 ton sedangkan untuk berat total profil siku ukuran 130x75x8 adalah 2.87 ton ditambah berat braket 0.41 ton adalah 2.87 ton, berat total profil dengan modulus 74 cm 3 untuk profil bulb ukuran 140x7 adalah 1.19 ton ditambah dengan berat braket 0.17 ton adalah 1.36 ton sedangkan untuk berat profil siku ukuran 100x50x10 adalah 1.34 ton ditambah berat braket 0.24 ton adalah 1.58 ton. Sehingga berat total konstruksi profil bulb ukuran 160x8 dan braket ditambah dengan berat total konstruksi profil bulb ukuran 140x7 adalah 4.41 ton sedangkan berat total konstruksi profil siku ukuran 130x75x8 dan braket ditambah dengan berat total konstruksi profil siku ukuran 100x50x10 adalah 4.45 ton. Sehingga berat total keseluruhan konstruksi profil bulb adalah 42.46 ton sedangkan berat total keseluruhan profil siku adalah 42.50 ton. Jadi dapat disimpulkan bahwa berat keseluruhan konstruksi profil bulb lebih ringan 0.04 ton dari profil siku. Kata-kata kunci : konstruksi, profil Bulb, profil siku (profil L) LWT (Light Weight Tonnage) of the planning shipbuilding should get a value that is as small as possible. LWT is affected by the weight of construction is used, one of which is the weight of the profile or amplifier is used. The types of profiles used were angled profile, bulb profiles, profiles I, U profiles, profiles H and others. Therefore, the author will compare the weight of uses Plate Bulb profile and angled profile of a ship based on the same modulus. The comparison process is based on the design of an existing ship construction. The vessels used are Ro-Ro Ferry 2000 GT. Images of the block design used was the design of a particular block is a block 116-01with type of profile that is used is the bulb profile plate. Profile bulb plate of the block there are two kinds of profiles used modulus of 110 cm3 and 74 cm3. Both the modulus will convert the angled profile. Determination of modulus conversion do not count themselves but by the conversion of the table anneks BKI. The conversion of heavy profiles unity length and total weight ratio in the block 116-01will do a comparison. Based on the pictures existing design can be seen that the profile bulb with a modulus of 110 cm3 has a size of 160 x 8 equivalent to profile the elbow with a size of 130 x 75 x 8 whereas profiles bulb with a modulus of 74 cm3 have a size of 170 x 7 that is similar to the profile elbows with measures 100 x 50 x 10. Based on the calculation of the profile weight long union with modulus 110 cm3 for the size of the bulb profile 160 x 8 = 13:46 kg / m equivalent weight angled profile size 130 x 75 x 8 = 12:37 kg / m while the weight of the union's profile long with a modulus of 74 cm3 for bulb profile size 140 x 7 = 9.75 kg / m equivalent weight angled profile size 100x50x10 = 10.99 kg / m. In one block of the total weight of 116-01 with a modulus of 110 cm3 profile to profile 160 x 8 bulb size is 2.67 ton plus weight bracket is 0.48 to 3.15 tons while the total weight angled profile size 130 x 75 x 8 was 2.87 ton ton plus the weight of the bracket 0.41 is 2.87 tons, the total weight of the profile with a modulus of 74 cm3 for profiles bulb size 140 x 7 is 1.19 tons plus the weight of the bracket 0.17 tons is 1.36 tons while for the weight profile elbow measures 100 x 50 x 10 is 1.34 tons plus the weight of the bracket 0.24 tons is 1.58 tons. So that the total weight of the construction profiles bulb size of 160 x 8 and bracket plus the total weight of the construction profiles bulb size 140 x 7 is 4.41 tons while the total weight of the construction profiles elbow size 130 x 75 x 8 and bracket plus the total weight of the construction profiles elbow size of 100 x 50 x 10 is 4.45 tons. So that the total weight of the overall construction bulb profile is the total weight of 42.46 tons while the overall profile of the elbow is 42.50 tons. So it can be concluded that the weight of the overall construction lighter bulb profile 0.04 tons of profiles elbow. Key words: construction, Bulb profile, angled profile (profile L)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2018 04:15
Last Modified: 15 Sep 2018 04:15
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item