ANALISA PENGARUH VARIASI JARAK, SUDUT DAN TEKANAN UDARA TERHADAP KETEBALAN CAT

Abbbas, M.Muhibbudin (2016) ANALISA PENGARUH VARIASI JARAK, SUDUT DAN TEKANAN UDARA TERHADAP KETEBALAN CAT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu kendala dalam proses pembuatan kapal baru adalah masalah pengecatan. Pada saat proses pengecatan tidak hanya dilakukan dalam sebuah ruangan tetapi juga dilakukan diluar ruangan tergantung fasilitas yang ada di galangan tersebut. Pada saat proses pengecatan yang dilakukan di dalam ruangan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil pengecatan, salah satunya adalah ketebalan cat yang dihasilkan. Faktor jarak , sudut dan tekanan udara pada saat proes pengecatan sangat mempengaruhi hasil dari ketebalan cat.Terutama di PT.PAL proses pengecatan untuk kapal baru dilakukan didalam ruangan dengan sisitm per block. Pada saat proses pengecatan yang dilakukan di dalam ruangan akan sangat sulit untuk mengatur posisi sudut dikarenakan ruangan yang terlalu sempit dan block kapal yang terlalu besar.jika posisi sudut dan jarak kurang tepat maka akan banyak cat yang terbuang dan otomatis pihak galangan akan mengalami kerugian. Dalam penelitian ini akan diketahui sudut dan jarak yang optimal dalam proses pengecatan dengan melakukan pengukuran ketebalan basah (wft) dan ketebalan kering (dft). Dari hasil pengukuran ketebalan cat , jarak ,sudut dan tekanan udara yang optimal menggunakan jarak 35cm,sudut 90̊ dan tekanan udara 6 bar dengan nilai (783μm) untuk ketebalan basah dan ( 319 μm) untuk ketebalan keringnya. Kata-Kata kunci : jarak,sudut, tekanan udara,cat. ABSTRACT One of the constraints in the process of making new boat is a matter of painting. At a time when the process of painting is not just done in a room but also performed outside of the room depends on the existing facilities at the shipyard. At a time when the process of painting is done indoors, there are several factors that influence the outcome of the painting, one of which is the thickness of the paint. Factors of distance, angle and barometric pressure at the time of proes painting strongly influenced the results of the thickness of the paint. Especially at PT. Painting process for PAL new ships is carried out in the room with sisitm per block. At a time when the process of painting is done in a room would be very difficult to set the position of the corners because the room was too narrow and block vessels too large. If position angles and distances are less precise then it will be a lot of wasted paint and automatically dock party will suffer losses. In this study will be known angle and optimal distance in the process of painting by doing measurements the thickness (wft) of wet and dry thickness (dft). From the results of measurements of the thickness of the paint , distance, angle and the optimum air pressure using a distance of 35 cm, 90 ̊ angle and air pressure 6 bar with value (783μm) for wet and thickness (319 μm) to the thickness of the drying. Key words: distance, angle, air pressure, paint.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2018 03:58
Last Modified: 15 Sep 2018 03:58
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item