Fandi, Nurizal Deo (2016) PERANCANGAN DRY TYPE EXHAUST GAS SYSTEM (Studi Kasus Kapal Perintis 2000 GT Di PT. Orela Shipyard). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
Unjuk kerja dari mesin diesel dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah back pressure, maka dibutuhkan perancangan pipa gas buang untuk memenuhi batas maksimal back pressure engine yang diberikan oleh produsen mesin, sehingga didapatkan kerja mesin yang maksimal. Dalam tugas akhir ini dilakukan perancangan dan perhitungan serta analisa back pressure pada pipa gas buang mesin induk kapal Perintis 2000 GT, mesin Yanmar 12 AYM-WST 1030 kW. Dalam tugas akhir ini juga dilakukan penentuan isolator yang digunakan untuk pipa gas buang. Perhitungan dilakukan secara manual menggunakan metode Darcy-Weisbach dan Duct Design ASHRAE sedangkan pemodelan pipa menggunakan software Pipe Flow Expert. Yang menjadi acuan dalam Tugas Akhir ini adalah pemenuhan ketercapaian back pressure yang diijinkan. Berdasarkan perhitungan secara manual, back pressure yang dihasilkan oleh desain pipa gas buang dengan diameter pipa utama 250A sebesar 1,94 dan 2,1 kPa, sedangkan hasil pemodelan menggunakan Pipe Flow Expert menghasilkan back pressure 2,2 kPa. Dari desain yang ada, dapat ditarik kesimpulan bahwa desain pipa gas buang yang digunakan memenuhi syarat ketercapaian back pressure. Sedangkan untuk penentuan isolator sendiri, menggunakan perhitungan manual dan software, dimana dari hasil perhitungan didapat suatu kesimpulan bahwa isolator yang digunakan memiliki tebal minimum 65 mm untuk mencapai temperatur permukaan sebesar 50 ˚C. Dengan jenis isolator Glass Mineral Wool. Kata kunci: back pressure, software Pipe Flow Expert, Glass Mineral Woll, The performance of the diesel engine is influenced by many factors, one of the factors that influence is back pressure, the required design of the exhaust pipes to meet the maximum limit engine back pressure provided by the machine manufacturer, to obtain maximum engine work. In this final project, will be designed, calculation and analysis of back pressure on the exhaust pipe main engine Perintis 2000 GT vessel, the engine 12 Yanmar AYM-WST 1,030 kW. In this final project was also conducted to determine the insulator used for exhaust pipes. The calculation is performed manually using the Darcy-Weisbach and Duct Design ASHRAE while modeling the pipe using Pipe Flow Expert software. The reference in this Final Project is the fulfillment achievement allowable back pressure. Based on the calculations manually, back pressure generated by the design of the exhaust pipe with a diameter main pipe 250A 1,94 and 2.1 kPa, while the results of modeling using Pipe Flow Expert generates back pressure of 2.2 kPa. Of the existing design, it can be concluded that the design of the exhaust pipe that is used to qualify the achievement of back pressure. As for the determination of the insulator itself, using manual calculations and software, where the results of calculations obtained a conclusion that the insulator used has a minimum thickness of 65 mm to achieve a surface temperature of 50 ° C. With this type of insulator Glass Mineral Wool Key words: Glass Mineral Wool insulation, back pressure, Pipe Flow Expert
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 15 Sep 2018 02:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2018 02:40 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/756 |
Actions (login required)
View Item |