Saputro, Ahmad Sigit (2016) STUDI KELAYAKAN MODIFIKASI KAPAL CARGO MENJADI KAPAL PESIAR DITINJAU DARI ANALISA STABILITAS DI PT. F1 PERKASA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kapal merupakan alat transportasi air yang digunakan untuk melakukan semua aktifitas yang ada perairan, sebuah kapal harus memiliki stabilitas posistif atau mampu untuk kembali ke posisi awal ketika mengalami kemiringan. Kapal SINAR HARAPAN III adalah kapal cargo yang akan dimodifikasi menjadi kapal pesiar sehingga banyak komponen-komponen serta sistem yang berubah sehingga perlu dilakukan perhitungan stabilitas kapal. Perhitungan ini menggunakan software maxsurf untuk pembuatan model kapal serta perhitungan nilai KG kapal kosong, kemudian menggunakan software hydromax “upright hydrostatis” untuk perhitungan nilai KG, KM, KB, GM, BM kemudian setelah itu perhitungan stabilitas dilakukan menggunakan software hydromax “large angle stability”. dimana analisa dan perhitungan stabilitas ini dilakukan berdasarkan standarisasi IMO yaitu tentang stabilitas untuk semua tipe kapal. Dari running software didapatkan nilai GM pada kondisi beban penuh sebesar 0,85 meter, sedangkan nilai GM pada kondisi beban kosong sebesar 0,823 meter dan juga memiliki momen penegak pada setiap kemiringan, sehingga stabilitas pada kapal tersebut memenuhi standar IMO sehingga bisa disimpulkan bahwa modifikasi pada kapal SINAR HARAPAN III mempunyai stabilitas yang baik namun periode olengnya terlalu cepat sehingga tidak nyaman bagi penumpang. Maka harus dilakukan penambahan lebar serta pengurangan nilai GM agar periode oleng kapal tersebut menjadi baik. Kata kunci: Kapal Sinar Harapan III, Stabilitas, Maxsurf, Hydromax, ABSTRACT The ship is transportation of water used to do all the activities in waters, a ship must have positive stability or be able to return to the starting position when subjected slope. Ship SINAR HARAPAN III is a cargo ship that will be modified into a cruise ship so many components and systems need to be changed so that the ship stability calculations. This calculation uses software maxsurf for the manufacturing of ship models and calculation of the value KG empty vessel, then use the software hydromax "upright hydrostatis" for the calculation of the value of KG, KM, KB, GM, BM then afterwards stability calculations done using software hydromax "large angle stability", where analysis and stability calculation is done based on standards IMO is about stability for all types of ships. by running software obtained the value of GM under full load at 0.85 meters, while the value of GM load conditions empty at 0.823 meters and also has a moment of enforcement on any slope, so that the stability of the vessel meets IMO standards so that it can be concluded that modifications to the ship SINAR HARAPAN III has good stability but this rolling period too fast so uncomfortable for passangers. Than had to do addition broadly as well as the value GM that rolling period the ship be soft Keywords: Ship Sinar Harapan III, Stability, maxsurf, Hydromax,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 15 Sep 2018 02:03 |
Last Modified: | 15 Sep 2018 02:03 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/743 |
Actions (login required)
View Item |