Suwandi, Sutansyah Mulldin Arroisi (2016) Analisa Pengaruh Keausan Cylinder Liner dan Piston Terhadap Penurunan Daya (IHP) pada Main Engine Type MAN D 2842 LE 410 Studi Kasus di KAL (Kapal Angkatan Laut) WARAKAS. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Analisa ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan saat cylinder liner dan piston mengalamai keausan yang disebabkan Sistem pelumasan tidak bekerja dengan baik, yang menyebabkan piston menjadi cacat atau mengalami aus, yang berpengaruh terhadap turunnya daya pada Main Engine. Karena itu disini dibahas tentang pengaruh kerusakan piston dan cylinder liner terhadap turunnya daya pada main engine type MAN D 2842 LE 410 di WARAKAS, sebelum melakukan overhaul daya mengalami penurunan yang signifikan dari standart mesin. Maka dari itu untuk langkah awal proses menganalisa pengaruh yang ditimbulkan dari kerusakan piston dan cylinder liner perlu melakukan overhaul engine yang bertujuan untuk memperbaiki daya yang tidak sesuai dengan standart. Hal ini disebabkan semakin tinggi kecepatan putaran mesin maka semakin banyak langkah kerja yang dialami pada waktu yang sama. Turunnya daya ini desebabkan oleh kecepatan putaran mesin yang menurun, hal ini ditunjukkkan pada putaran tertinggi mesin sebelum di overhaul hanya mencapai 1450 rpm, sedangkan putaran maksimal standart pabrik adalah 2100 rpm. Kata kunci : cylinder liner, piston dan daya ABSTRACT This analysis aims to determine the effect that when the cylinder liner and piston wear caused experiencing lubrication system does not work properly, which causes the piston become disabled or suffer wear, which affects the breakdown on the Main Engine. Therefore here discussed on the influence of the piston and cylinder liner damage to the breakdown in the main engine type MAN D 2842 LE 410 in Warakas, before an overhaul power has decreased significantly from the standard machine. Thus the first step in the process for analyzing the effect arising from damage to the piston and cylinder liner need to do engine overhaul that aims to improve power that does not comply with the standard. This is due to the higher rotation speed of the engine, the more experienced the work steps at the same time. The fall is largely attributable power by the engine rotation speed decreases, it is, it is shown on the highest round in the overhauled engine before reaching only 1450 rpm, while the maximum round standard factory is 2100 rpm. Keywords: cylinder liner, piston and power
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 15 Sep 2018 02:01 |
Last Modified: | 15 Sep 2018 02:01 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/742 |
Actions (login required)
View Item |