Januarysta, Ryzzal Archielevia (2016) DESAIN SISTEM PENDINGINAN TERTUTUP PADA MAIN ENGINE KAPAL NAVIGASI DI PT ORELA SHIPYARD. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kapal navigasi yang di bangun di PT ORELA SHIPYARD yang menggunakan YANMAR 6E26W merupakan kapal khusus yang digunakan untuk memasang pelampung suar pada wilayah kerjanya.Sistem pendingin tertutup pada Main Engine adalah sistem yang sangat penting karena mesin yang dipasang pada kapal dirancang untuk bekerja dengan efisien maksimal dan berjalan selama berjam-jam berjalan lamanya. Sistem ini akan memindahkan energy panas melalui alat heat exchanger dan juga menjaga komponen mesin untuk memuai berlebihan karena akan menyebabkan kerusakan pada Main Engine. Metode penelitian yang digunakan pada pembahasan ini merupakan langkah-langkah penelitian secara berurutan dimulai dari pengambilan data, perhitungan dan analisa. Evaluasi ini dapat di gunakan sebagai dasar untuk melakukan perhitungan lanjutan untuk mendapatkan solusi agar pompa dan sistem ini terhindar dari kerusakan. Dari hasil desain dan perhitungan Fresh Water dikedua untuk panjang pipa DN 65 total 26 m, elbow 90˚ sebanyak 14 buah, tee sebanyak 2 buah, butterfly valve sebanyak 2 buah, Angle SDNR valve 2 buah. Panjang pipa DN 100 total 10 m didapatkan elbow 90˚ sebanyak 10 buah. Untuk Sea Water panjang pipa total 24 m didapatkan 2 buah pompa merk SILI type 100CL-30A, elbow 90˚ sebanyak 17 buah, butterfly valve sebanyak 4 buah, Angle SDNR valve 2 buah, strainer sebanyak 2 buah, dan 2 unit heat exchanger type CCP. Kata kunci : heat exchanger, Main Engine, sistem pendingin tertutup ABSTRACT Navigation ship built in PT. ORELA SHIPYARD which uses YANMAR 6E26W is a special ship that is used to attach a buoy flare on its territory. The closed cooling system on the Main Engine is a very important system because the engine mounted on a vessel designed to work with maximum efficient and running for many hours. This system will transfer heat energy by instrument heat exchangers and also keeps the engine components to expand excessively as it will cause damage to the Main Engine. The method used in this study is a step - step research sequentially starting from data collection, calculation and analysis. This evaluation can be used as a basis to perform advanced calculations to get a solution to the pump and the system is protected from damage. From the results of design and calculation of Fresh Water in both for total pipe length DN 65 26 m, 90˚ elbow 14 pieces, tee 2 pieces, butterfly valve 2 pieces, Angle valve SDNR 2 pieces. DN 100 total pipe length of 10 m obtained 90˚ elbow 10 pieces. Sea Water for a total pipe length of 24 m obtained two pumps brands sili type 100CL-30A, 90˚ elbow 17 pieces, butterfly valve 4 pieces, 2 pieces Angle SDNR valve, strainer 2 pieces, and 2 units of heat exchanger type CCP. Keywords: heat exchanger, Main Engine, closed cooling system.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 05:53 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 05:53 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/724 |
Actions (login required)
View Item |