ANALISA PERUBAHAN TIMING FUEL INJECTION PUMP TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA UNIT FORKLIFT MAWAR JENIS ISUZU 4JG2

Soegianto, Ridwan (2016) ANALISA PERUBAHAN TIMING FUEL INJECTION PUMP TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA UNIT FORKLIFT MAWAR JENIS ISUZU 4JG2. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Forklift adalah jenis alat berat yang digunakan untuk mengangkat barang sebagai pengganti tenaga manusia yang menggunakan penggerak mesin diesel ataupun tenaga battery . Forklift membutuhkan penggerak dengan daya yang besar, Kebutuhan daya yang besar pada forklift membuat masalah akan peningkatan performa motor diesel menjadi bahasan penting, proses pembakaran yang sempurna dapat memaksimalkan performa mesin, semua unsur pendukung terjadiny a pembakaran harus berjalan dengan baik. Salah satu unsurnya adalah proses penyemprotan bahan bakar harus tepat sesuai timing. Waktu penginjeksian ini diatur melalui hubungan antara sistem injeksi bahan bakar (fuel cam) dengan timming gear yang tersambung dengan crankshaft engine. Pengaturan injeksi bahan bakar adalah mutlak untuk mendapatkan daya maksimum dan penghematan bahan bakar yang baik serta proses pembakaran yang sempurna. Jika bahan bakar diinjeksikan terlalu awal, maka penyalaannya akan lambat karena suhu udara pada titik ini tidak cukup tinggi. Keterlambatan yang berlebihan akan mengakibatkan operasi motor diesel yang kasar dan berisik serta memungkinkan kerugian bahan bakar karena pembasahan dinding silinder dan kepala torak. Akibatnya adalah boros bahan bakar dan bany ak asap dalam gas buang. Dari hasil pengujian dapat diketahui apabila timing pompa bahan bakar tidak sesuai standar pabrikan mengalami penurunan daya pada mesin tersebut, pada konsumsi bahan bakar juga berpengaruh sehingga mesin menjadi lebih boros. iv Kata Kunci : Fuel Timing Injection, Performa Mesin, Varaiasi Gear Timing Abstract Forklift is type of heavy engine which use to lift goods as human power’s substitute with utilizes diesel machine or battery power. It needs huge driving force. The huge need of driving force on forklift makes diesel engine’s enhancement performance be a important discussion, the perfect combustion must work as well as possible. One of the factors is spraying fuel process must precise. This injection time be regulated through connection between injection system and fuel cam which the timing gear connected to crankshaft engine. The injections regulation of fuel is absolute to get maximum power and saving the fuel as well as perfect combustion. If the fuel be injected too soon, the combustion will slow because air temperature in that point is not high enough. Excessive delays will effect diesel engine operation be heavy and noisy with possibility of loss of fuel because cylinder wall and pistons head wet. There fore loss of fuel and much smoke in the exhaust gas. According the result of examination, can be known if timing fuel injection fuel which not accordance with factory default sustain power decrease in that engine, as well as the fuel consumption with result the engine will become more extravagant. Keywords : Timing Fuel Injection Pump, Performance Engine, Timing Gear Variation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2018 05:32
Last Modified: 14 Sep 2018 05:32
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item