ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PROYEK REPARASI KM. TAREX I DI GALANGAN KAPAL MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN FAILURE MODES EFFECTS AND CRITICALITY ANALYSIS (FMECA)

Latifana, Noorberta (2025) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PROYEK REPARASI KM. TAREX I DI GALANGAN KAPAL MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN FAILURE MODES EFFECTS AND CRITICALITY ANALYSIS (FMECA). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1121040052 - Noorberta Latifana - Analisis Penyebab Keterlambatan Proyek Reparasi KM. TAREX I di Galangan Kapal Menggunakan Metode _i_Fault Tree Analysis__i_ (FTA) dan _i_Failure Modes Effects and Criticality Analy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam industri galangan kapal, keterlambatan proyek reparasi merupakan permasalahan yang memerlukan identifikasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab keterlambatan proyek reparasi KM. TAREX I di galangan kapal menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Failure Modes Effects and Criticality Analysis (FMECA). Berdasarkan data perusahaan, KM. TAREX I mengalami keterlambatan selama 11 hari, yang berpotensi mengganggu operasional dan meningkatkan biaya. Metode FTA menghasilkan 12 event yang diidentifikasi sebagai akar penyebab keterlambatan melalui perhitungan Minimal Cut Set, yang kemudian ditetapkan sebagai mode kegagalan. Selanjutnya, metode FMECA menghasilkan 8 mode kegagalan prioritas berdasarkan diagram pareto menempati warna merah (cegah dan mitigasi), oranye (mitigasi), kuning (cegah), hijau (terima). Tiga mode kegagalan utama yang ditemukan adalah sedimentasi tinggi pada alur laut, umur peralatan tua, dan ada temuan bagian dari kontruksi kapal tidak sesuai ketentuan. Ketiganya kemudian dipetakan ke dalam matriks risiko untuk menentukan level risiko dan perlakuan risiko. Rekomendasi mitigasi yang diusulkan meliputi pelaksanaan pengerukan sedimen secara berkala, revitalisasi atau pembaruan unit peralatan, serta melakukan pengecekan ulang pada seluruh bagian kapal sebelum pengerjaan dimulai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 9223/MB-21/2025 Lokasi : 421
Uncontrolled Keywords: FTA, FMECA, Keterlambatan Proyek, Risiko, Reparasi Kapal
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2025 03:18
Last Modified: 18 Dec 2025 03:18
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item View Item