PEMILIHAN ENGINE PADA KAPAL TANKER 6500 DWT STUDI KASUS DI PT.DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA

Santoso, Surya Hadi (2016) PEMILIHAN ENGINE PADA KAPAL TANKER 6500 DWT STUDI KASUS DI PT.DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal tanker 6500 DWT merupakan kapal tanker milik PT. Odyssey Shipping Line yang sedang dibangun oleh PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (persero). Pada pembangunan sebuah kapal baru pemilihan main engine sangatlah penting karena main engine dalam sebuah kapal digunakan untuk menggerakan propeller agar kapal bisa digunakan. Suatu kesalahan dalam perhitungan tahanan dapat menyebabkan kurang optimalnya daya main engine sehingga dapat mengakibatkan kurangnya nilai pada daya yang dihasilkan. Pada Tugas Akhir ini telah dilakukan analisa perbandingan engine dengan hasil perhitungan kapal Tanker baru yang telah dibandingkan dengan perhitungan yang sudah digunakan pada kapal yang memiliki ukuran utama yang sama (KAMOJANG), dan telah dilakukan perbandingan hasil dari perhitungan Tahanan yang nantinya akan direkomendasikan kepada pihak pemilik kapal sebagai pertimbangan untuk memilih engine yang sesuai dengan kapal tersebut. Metode yang digunakan pada perhitungan tahanan adalah metode Holtrop dan Harvald (sebagai metode pembanding perhitungan) yang dilanjutkan dengan perhitungan daya motor atau BHP (Brake Horse Power). Hasil dari perhitungan BHP yang nantinya akan digunakan untuk memilih engine yang sesuai dengan hasil yang telah didapat pada perhitungan. Berdasarkan hasil perhitungan tahanan didapat nilai sebesar 153,1203kN dengan kecepatan 12knot. Untuk perhitungan daya engine didapat daya sebesar 2238,668 kW dan pada pemilihan engine didapatkan engine dengan type Wartsila dengan daya 2760kW. Kata Kunci : Tahanan Kapal, Kapal Tanker 6500DWT, perhitungan daya Main Engine. ABSTRACK Tanker 6500 DWT is a tanker owned by PT. Odyssey Shipping Line being constructed by PT. Surabaya Shipping and Dok (persero). On the construction of a new shipmain engine selection is very important because the main engine in a ship used to drive the propeller so that the ship could be used. A mistake in the calculation of inmates may lead to suboptimal main engine power so that it can result in a lack ofvalues in the generated power. In this final project has been carried out a comparative analysis engine with the calculated tanker new has been compared with the calculation that has been used on vessels that have the same master size (Kamojang), and has performed comparison of the results of the calculation of prisoners will be recommended to the owner ship as considerations for selecting the appropriate engine with the ship. The method used in the calculation of prisoners is a method Holtrop and Harvald (as comparison method calculation), followed by calculation of motor power or BHP (Brake Horse Power). Results from BHP calculation that will be used to select the engine in accordance with the results obtained in the calculation. Based on the calculation of prisoners obtained a value of 153,1203kN with 12knot speed. Power calculation engine to obtain a power of 2238.668 kW engine and on the selection obtained with type Wärtsilä engine with 2760kW power. Keywords: Prisoners Ships, Tankers 6500DWT, power calculation Main Engine.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:26
Last Modified: 14 Sep 2018 04:26
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item