OPTIMASI MAINTENANCE TRAKSIMOTOR PADA LOKOMOTIF SERI CC206 1502, CC206 1319 DAN CC206 1342 BERBASIS MODEL KEGAGALAN DAN METODE POWER LAW PROCESS

APRILIA, FIFIT PRAMUDITA (2025) OPTIMASI MAINTENANCE TRAKSIMOTOR PADA LOKOMOTIF SERI CC206 1502, CC206 1319 DAN CC206 1342 BERBASIS MODEL KEGAGALAN DAN METODE POWER LAW PROCESS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0621040020 - Fifit Pramudita Aprilia - Optimasi _i_ Maintenance __i_ Traksimotor pada Lokomotif Seri CC206 1502, CC206 1319 dan CC206 1342 Berbasis Model Kegagalan dan Metode _i_ Power Law Process __i_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kereta api memerlukan keandalan lokomotif untuk menjaga ketepatan waktu dan efisiensi perjalanan. Salah satu komponen krusial adalah traksimotor sebagai penggerak utama, yang sering mengalami kerusakan, seperti pada lokomotif seri CC206 1502, CC206 1319, dan CC206 1342 di Depo Sidotopo. Gangguan yang terjadi meliputi ground pada traksimotor, roda selip, dan kehilangan tenaga, yang berdampak pada penurunan kinerja lokomotif dan meningkatnya biaya perawatan. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan pemeliharaan traksimotor dengan metode Power Law Process (PLP) untuk menganalisis pola kegagalan berdasarkan data historis aktual. Analisis data lifetime menggunakan Laplace Test untuk menentukan pola kegagalan. Hasil menunjukkan hanya lokomotif CC206 1342 yang mengikuti pola Non-Homogeneous Poisson Process (NHPP), sehingga dilanjutkan estimasi parameter dengan Maximum Likelihood Estimation (MLE). Diperoleh nilai parameter menunjukkan kegagalan lebih sering di awal pemakaian dan menurun seiring waktu. Cramer-von Mises test mengonfirmasi kesesuaian model. Optimasi interval perawatan dilakukan dengan pendekatan ekspektasi biaya dan Goal Programming, menghasilkan jadwal perawatan yang meminimalkan biaya tanpa mengorbankan keandalan. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi Depo Sidotopo dalam menyusun jadwal perawatan traksimotor yang efisien dan meningkatkan keandalan operasional lokomotif secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No Inventaris :8931/TDM-21/2025 Lokasi TA :596
Uncontrolled Keywords: Optimasi Pemeliharaan, Power Law Process, Lokomotif CC206
Subjects: DM - Teknik Desain Manufaktur > Desain Eksperimen & Rekayasa Kualitas
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Desain Manufaktur
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2025 07:24
Last Modified: 17 Dec 2025 07:24
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item View Item