PERKIRAANFATIGUE LIFE PADA SAMBUNGAN PELAT SISI LAMBUNG KAPAL AKIBAT MISALIGNMENT MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Bakhtiar, Isyundarko (2014) PERKIRAANFATIGUE LIFE PADA SAMBUNGAN PELAT SISI LAMBUNG KAPAL AKIBAT MISALIGNMENT MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam bidang pembangunan perkapalan, mekanik, industri kimia dan lain-lain sebagian besar komponen struktur mengalami beban berulang (cyclic load). Dalam komponen ini konsentrasi tegangan tinggi lebih sensitif untuk memudahkan terjadinya fatigue. Untuk kasus tertentu misal pada kapal Tanker milik Pertamina yang dibuat di PT. PAL Indonesia (Persero) yakni sambungan misalignment yang terjadi di pelat lambung merupakan bagian penting dalam analisa umur kelelahan (fatigue life) terhadap kegagalan fatik. Umur kelelahan (fatigue life) dianalisa dengan menggunakan standard AWS D1.1. Dalam tugas akhir ini, fokus analisa dilakukan pada struktur pelat sisi lambung kapal karena pelat tersebut sebagai salah satu bagian yang esensial pada kapal ini. Oleh karena itu perlu diketahui letak tegangan maksimum dan besarnya nilai umur lelah (fatigue life). Struktur pelat sisi lambung kapal tersebut disimulasikan menggunakan software ANSYS 14.0 berupa 5 variasi bentuk pelat yakni 1 pelat alignment dan 4 pelat misalignment. Perkiraan umur lelah pelat sisi didapatkan saat stress rangeσ r = σ max – σ min dari semua variasi pelat memiliki nilai paling rendah terdapat pada pelat Alignment disaat beban 10 Kgf/mm 2 maka diperkirakan fatigue life nya paling lama yakni 37,4 tahun (N = 2.500.000 cycles) sedangkan nilai stress range paling besar terdapat pada pelat Misalignment 4 mm disaat beban 16 Kgf/mm 2 maka diperkirakan fatigue life nya paling sedikit yakni 0,90 tahun (N = 60.000 cycles). Kata kunci :misalignment, ANSYS 14.0, stress concentration factor, fatigue life In the field of shipbuilding, mechanical, chemical industry and others largely structural components experiencing recurring expense (cyclic load). In this component of high stress concentration is more sensitive to facilitate the occurrence of fatigue. For example, in certain cases Pertamina tanker ships are made in PT. PAL Indonesia (Persero) that the connection plate misalignment that occurs in the hull construction is an important part to be analysis of the fatigue life against fatigue failure. Fatigue life was analyzed using standard AWS D1.1. In this final project, just focus on the structure of the ship's hull side plates because the plate as one of the essential parts of the ship. Therefore, this to be known that the location of the maximum stress and the value of fatigue life (fatigue life). The structure of the ship's hull side plate is simulated using ANSYS 14.0 software in the form of plates which has 5 variation plate, there are 1 plate in alignment and 4 plates in misalignment. Estimated fatigue life is obtained when the side plate stress range

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2018 06:26
Last Modified: 24 Aug 2018 06:26
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item