PUTRA, FERDIE HANAFI (2024) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI AKIBAT RE LAYOUT PADA CAR DECK KAPAL RO-RO MENGGUNAKAN METODE ANALISIS STRUKTURAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
![]() |
Text
0120040048 - Ferdie Hanafi Putra - Analisis Kekuatan Konstruksi Akibat _i_Re Layout__i_ pada _i_Car Deck__i_ Kapal Ro - Ro Menggunakan Metode Analisis Struktural.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kapal sebagai transportasi air yang berkembang dengan teknologi untuk perjalanan cepat, mudah dan aman. Kapal Ro-Ro passenger ship khususnya kapal yang dirancang untuk memuat kendaraan yang dapat berjalan masuk atau keluar kapal dengan penggeraknya sendiri, sehingga kapal disebut kapal roll on - roll off (Ro-Ro) yang dapat mengangkut penumpang dan kendaraan. Meskipun kapal ini sudah beroperasi, terdapat potensi peningkatan lebih lanjut melalui pengembangan kekuatan konstruksinya. Hal ini diperlukan agar kapal dapat menahan beban yang berat sesuai standar yang diatur oleh BKI, sebagai langkah pencegahan insiden serta bisa menopang beban yang sudah ditentukan khususnya pada car deck. Car deck adalah komponen struktur konstruksi yang fital karena perannya yang tidak hanya menahan muatan kendaraan namun menahan geladak yang ada diatasnya. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa kekuatan konstruksi car deck yang perlu diperhatikan karena awalnya car deck direncanakan untuk mengangkut truk dan mobil suv. Analisis yang digunakan adalah analisis struktural untuk mengetahui letak tegangan terbesar pada konstruksi car deck berdasarkan beberapa variasi keadaan yaitu saat keadaan air tenang dan pada saat kapal sagging dan hogging. Hal ini untuk mengetahui dimana tegangan atau defleksi paling maksimal dan minimal yang terjadi pada kapal. Oleh karena itu analisis ini menggunakan program berbasis analisis struktural dengan menggunakan metode elemen hingga. Metode penyelesaian melibatkan pemodelan konstruksi car deck kapal menggunakan Autocad untuk 2D dan Fusion untuk 3D, kemudian dianalisis menggunakan software Ansys dan perhitungan manual menggunakan excel untuk mengetahui safety factor dan tegangan pada kapal. Nilai yang diperoleh dari analisis menggunakan finite element method didapatkan nilai tegangan terbesar pada saat kapal hogging dengan muatan truk dengan nilai tegangan sebesar 188,23 Mpa dan defleksi sebesar 0,077128 m dengan nilai safety factor 1,3281 yang memenuhi rules BKI karena nilai yang memenuhi adalah tegangan kurang dari 250 Mpa dan nilai safety factor lebih dari
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 7726/D4DC-20/2024 Lokasi TA : 800 |
Uncontrolled Keywords: | Tegangan, Defleksi, Car deck, Software Ansys, Safety factor, Rules BKI |
Subjects: | DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:16 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:16 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |