Utomo, Sudi (2024) ix ANALISIS RISIKO METODE FMECA DAN MITIGASI KEBAKARAN PADA AREA GRAVING DOCK DI PT PAL INDONESIA MENGGUNAKAN FIRE EARLY WARNING SYSTEM BERBASIS PENGENALAN TITIK API DAN ASAP DENGAN PENGOLAHAN CITRA DAN KECERDASAN BUATAN. Masters thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
![]() |
Text
0522050001 - Sudi Utomo - Analisis Risiko Metode FMECA dan Mitigasi Kebakaran pada Area _i_Graving Dock__i_ di PT PAL Indonesia Menggunakan _i_Fire Early Warning System__i_ Berbasis Pengenalan Titik Api dan Asap Dengan Pe-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PT. PAL Indonesia sebagai galangan kapal besar di wilayah Indonesia yang melaksanakan pembangunan kapal baru, pemeliharaan kapal serta pekerjaan konstruksi lain di bidang industri maritim dan energi mempunyai risiko besar terjadinya kebakaran akibat aktivitas produksi yang memenuhi unsur terbentuknya segitiga api dan pekerjaan yang berlangsung secara simultan pada area Graving Dock Irian. PT. PAL Indonesia telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan salah satu metode penilaian risiko yang diaplikasikan pada area Graving Dock adalah Failure Modes, Effect and Analysis (FMEA). Sebagai upaya proteksi kebakaran aktif sudah terpasang CCTV resolusi tinggi dan monitoring langsung oleh fireman di setiap titik pekerjaan panas didukung oleh team pemadam kebakaran yang berlokasi di ujung Graving Dock Irian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menentukan metode penilaian risiko yang lebih detail dengan memperhitungkan nilai kritikalitas risiko mengacu pada metode Analisis Failure Modes, Effects and Criticality Analysis (FMECA) untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dalam penentuan risiko yang paling besar nilai kritikalitasnya untuk prioritas penanganan melalui langkah mitigasi continuous improvement dengan menciptakan alat monitoring kebakaran berbasis pengenalan titik api dan asap dengan pengolahan citra dan kecerdasan buatan memanfaatkan fasilitas CCTV yang telah terpasang di sekitar area Graving Dock Irian. Penelitian ini bertujuan untuk mempertahankan Key Performance Indicator bidang K3LH yaitu zero accident dengan pengelolaan risiko yang tepat, mengetahui akar masalah potensi bahaya dengan menggunakan fishbone diagram diperkuat diagram pareto untuk mengetahui parameter atau masalah dominan yang perlu ditangani serta memperoleh rekomendasi upaya mitigasinya. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi metode penilaian risiko yang paling efektif dan mitigasi risikonya dengan alat monitoring deteksi api berbasis Internet of Thing sehingga risiko kebakaran di area Graving Dock Irian dapat diturunkan dan pekerjaan dapat dilakukan dengan aman, selamat dan produktivitas semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 8436/MS-22/2024 Lokasi TA : 11 |
Uncontrolled Keywords: | Continuous improvement, Graving Dock, PT PAL Indonesia, Zero Accident |
Subjects: | K3 - Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja > Identifikasi Bahaya dan Manajemen Risiko (Hazard Identification and Risk Management) |
Divisions: | S2 Teknik Keselamatan dan Resiko |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:50 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:50 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |