PROTOTIPE SISTEM KENDALI KEMUDI KAPAL SEBAGAI ANTI COLLISION SYSTEM MENGGUNAKAN METODE FUZZY

GIBRAN, MOCHAMMAD NAWAL (2024) PROTOTIPE SISTEM KENDALI KEMUDI KAPAL SEBAGAI ANTI COLLISION SYSTEM MENGGUNAKAN METODE FUZZY. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0420040065 - Mochammad Nawal Gibran - Prototipe Sistem Kendali Kemudi Kapal sebagai Anti _i_Collision System__i_ menggunakan Metode Fuzzy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sistem kendali kemudi kapal memiliki peran penting dalam kemampuan manuver kapal dan sering kali diterapkan secara otomatis untuk menjaga stabilitas kemudi. Penelitian ini mengimplementasikan metode fuzzy dan PID dalam sistem kendali kemudi kapal dengan tujuan meningkatkan efektivitas sistem anti-tabrakan. Berdasarkan pengujian sistem, dan pengoperasian alat, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode fuzzy dalam sistem kendali kemudi kapal terbukti efektif dan efisien dalam menghasilkan respons anti-tabrakan. Metode fuzzy, dengan kemampuannya untuk menangani ketidakpastian dan variabilitas dalam pembacaan sensor, memberikan keputusan adaptif dan responsif terhadap perubahan kondisi lingkungan. Selain itu, efektivitas kontrol PID dalam pengaturan kecepatan motor BLDC turut meningkatkan performa sistem kemudi dengan stabilitas dan responsivitas yang baik. Kontrol PID mampu menjaga kecepatan motor dalam rentang yang diinginkan, meningkatkan manuver kapal secara keseluruhan. Tingkat akurasi sistem kendali kemudi kapal menggunakan metode fuzzy yang diintegrasikan dengan kontrol PID yakni sebesar 78,33 %. Selama prototipe kapal dijalankan untuk obstacle avoiding, motor BLDC dikontrol menggunakan nilai parameter PID dengan nilai Kp = 0.5506, Ki = 0.01308 dan Kd = 4.089. Sistem kontrol ini secara efisien dapat menghindari tabrakan dan mengatur kecepatan motor untuk manuver yang aman dan akurat, serta menjaga stabilitas kemudi kapal secara otomatis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 8450/ D4PE-20/2024 Lokasi TA : 840
Uncontrolled Keywords: rudder, kontrol PID, Fuzzy Sugeno
Subjects: PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Mesin Listrik dan Elektronika Daya
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:45
Last Modified: 16 Jun 2025 07:45
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item View Item