SISTEM KENDALI DAN MONITORING PENSTABIL KECEPATAN MOTOR 3-FASA DENGAN METODE PID PADA PROTOTIPE BELT KONVEYOR BERBASIS PLC

PURBIANANTA, MUHAMMAD SATRIA (2024) SISTEM KENDALI DAN MONITORING PENSTABIL KECEPATAN MOTOR 3-FASA DENGAN METODE PID PADA PROTOTIPE BELT KONVEYOR BERBASIS PLC. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0420040030 - Muhammad Satria Purbiananta - Sistem Kendali dan Monitoring Penstabil Kecepatan Motor 3-Fasa dengan Metode PID pada Prototipe _i_Belt__i_ Konveyor Berbasis PLC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Motor listrik adalah sebuah perangkat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Dari energi mekanik yang dihasilkan membuat motor listrik berperan sebagai komponen penggerak utama, dengan demikian dibutuhkan sistem kendali yang handal untuk bisa mengoptimalkan kinerja motor listrik. Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan dan implementasi sistem kendali serta monitoring untuk penstabilan kecepatan pada motor induksi 3 fase yang digunakan dalam prototipe konveyor batu bara. Pendekatan berbasis PLC diadopsi untuk memberikan kontrol yang canggih dan terintegrasi. Salah satu cara untuk mengatur perubahan kecepatan pada motor listrik adalah merubah nilai frekuensinya. VFD merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengatur frekuensi motor. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional konveyor batu bara, mengurangi downtime, dan meningkatkan keamanan serta keandalan operasi. Metode kontrol PID (Proportional-Integral-Derivative) diterapkan untuk menstabilkan kecepatan motor, mengoptimalkan respons terhadap perubahan beban, dan meningkatkan efisiensi energi. Selama pengujian dan evaluasi, prototipe konveyor batu bara dijalankan dalam berbagai skenario operasional, termasuk start-up, dan perubahan beban. Hasil dari peneltian ini adalah penelitian dilakukan dengan 2 set point yaitu 523 rpm dan 931 rpm dilakukan 3 variasi beban yaitu 5kg, 10kg,dan 15kg. , waktu pencapaian set point menjadi lebih cepat yaitu 2 detik dengan kondisi tanpa beban , 4 detik untuk beban 5 kg, 6 detik untuk 10 kg, dan 9 detik untuk 15 kg. Secara keseluruhan, penerapan PID terbukti secara praktis meningkatkan respon sistem sebesar 40,30%

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7952/D4PE-20/2024 Lokasi TA : 816
Uncontrolled Keywords: Motor listrik,Penstabil,PLC,PID
Subjects: PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Elektronika Komunikasi dan Navigasi
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:38
Last Modified: 11 Jun 2025 07:38
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6374

Actions (login required)

View Item View Item