ANALISIS KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PEKERJAAN REPARASI KAPAL DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DI PT. DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARDS SURABAYA (Studi Kasus: Kapal SPOB Messi Kianna 1)

WARDHANI, RR AYU PRANITA (2024) ANALISIS KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PEKERJAAN REPARASI KAPAL DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DI PT. DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARDS SURABAYA (Studi Kasus: Kapal SPOB Messi Kianna 1). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1120040064 - Rr. Ayu Pranita Wardhani - Analisis Keterlambatan Penyelesaian Pekerjaan Reparasi Kapal dengan Metode ,_i_Fault Tree Analysis__i_ (FTA) dan _i_Critical Path Method__i_ (CPM) di PT. Dumas Tanjung Perak Shipyar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Kapal memegang peranan penting dalam transportasi di Indonesia, khususnya kapal kargo yang menyediakan distribusi barang antar pulau serta impor dan ekspor. Proses pemeliharaan dan perbaikan kapal merupakan kunci untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengiriman. Waktu merupakan faktor penting dalam proyek perbaikan kapal, diukur dengan penyelesaian kontrak tepat waktu. Perencanaan proyek yang tepat berdasarkan kondisi lapangan diperlukan untuk menghindari permasalahan. Analisa keterlambatan proyek dan penerapan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Critical Path Method (CPM) diperlukan untuk meningkatkan efisiensi manajemen proyek khususnya dalam hal perbaikan kapal SPOB Messi Kianna 1 di PT. Dumas Tanjung Perak Shipyards. Tujuan peneliti mengambil topik ini adalah untuk mengidentifikasi faktor penyebab keterlambatan pada pekerjaan reparasi kapal. Nilai probabilitas pada tiap-tiap faktor keterlambatan menggunakan metode FTA yaitu pekerjaan persiapan memiliki probabilitas sebesar 0,00733. Kemudian untuk minimal cut set pada pekerjaan pengadaan memiliki probabilitas sebesar 0,03002, sedangkan untuk minimal cut set pada sistem manajemen memiliki probabilitas sebesar 0,02681. Lalu dengan metode CPM telah mendapatkan jalur kritis yaitu A, B, F, G, H, I, dan J.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 8386/MB-20/2024 Lokasi TA : 321
Uncontrolled Keywords: Critical Path Method, Efisiensi Proyek, Fault Tree Analysis, Kapal Kargo
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:10
Last Modified: 11 Jun 2025 07:10
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item View Item