SYAHRANDY, FARUK (2024) DESAIN SISTEM KNOCKDOWN CADIK KAPAL IKAN TIPE JUKUNG UNTUK MEMPERMUDAH PROSES OPERASIONAL DI PANGKALAN PERIKANAN IKAN KOTA SORONG. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
![]() |
Text
0120040011 - Faruk Syahrandy - Desain Sistem _i_Knockdown__i_ Cadik Kapal Ikan Tipe Jukung untuk Mempermudah Proses Operasional di Pangkalan Perikanan Ikan Kota Sorong.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kekayaan laut Indonesia sangat melimpah dan mencakup berbagai sumber daya alam, termasuk salah satunya hasil perikanan. Kota Sorong merupakan salah satu Kota di Provinsi Papua Barat Daya yang terletak sangat strategis karena merupakan pintu gerbang pulau Papua. Kota Sorong memiliki pangkalan pendaratan ikan yang tergolong besar di Papua Barat Daya yaitu PPI Klademak. Belakangan ini, nelayan perahu jukung bercadik mengalami kesulitan dalam melakukan penyandaran di pangkalan pendaratan ikan karena memiliki cadik yang terlalu lebar. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan desain sistem cadik kcockdown agar lebih efektif dan efisien dalam operasional di pangkalan pendaratan ikan di Kota Sorong. Pada penelitian ini didapatkan hasil ukuran utama kapal, dengan metode pengukuran secara langsung. Pada analisis stabilitas kriteria IMO didapat hasil memenuhi pada kondisi eksisting dan variasi peletakan cadik terhadap center line yaitu 135 cm dan 90 cm, sementara pada jarak 60 cm terhadap center line mengalami fail. Hasil analisis Sea Keeping didapatkan bahwa kapal dapat beroperasi dengan kecepatan dinas 10 knot pada batasan tinggi gelombang terkecil yang dapat dilalui kapal yaitu sebesar 1,07 meter dengan tingkat Operabilitas sebesar 99%, dan memiliki Down Time sebesar 1%. Pada hasil desain sistem knockdown didapat lengan cadik dapat di panjang maupun pendekan 180 cm, 135 cm, dan 90 cm terhadap center line. Dengan adanya rekomendasi desain lambung dan posisi cadik jarak 60 cm terhadap center line, proses operasional di pangkalan pendaratan ikan bisa maksimal serta perahu jukung bercadik mudah saat sandar di dermaga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 7699/D4DC-20/2024 Lokasi TA : 773 |
Uncontrolled Keywords: | Cadik, Jukung, Desain, Knockdown, Stabilitas, Kota Sorong |
Subjects: | DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:12 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:12 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |