Yuniarsih, Raudhatul (2024) PROTOTIPE PENGATURAN KECEPATAN MOTOR POMPA BERDASARKAN KETINGGIAN LEVEL AIR PADA CARGO HOLD BILGE DENGAN METODE RANGE. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
![]() |
Text
0420040019 - Raudhatul Yuniarsih - Prototipe Pengaturan Kecepatan Motor Pompa Berdasarkan Ketinggian Level Air pada _i_Cargo Hold Bilge__i_ dengan Metode _i_Range__i_.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Cargo hold bilge ialah penampungan air got yang berbentuk cekungan yang di lengkapi dengan pompa hisap dan alarm. Cargo hold bilge alarm adalah suatu sistem yang ada di kapal yang berfungsi untuk membuang cairan yang ada dalam cargo hold untuk menjaga kondisi barang dalam cargo hold tersebut tidak rusak karena cairan. Sistem harus mampu memindahkan air dengan cepat dari bagian dalam keluar kapal, sedangkan fungsi sampingnya yaitu sebagai penampungan air yang jumlahnya relative kecil yang terkumpul pada sumur bilge well sekaligus sebagai pengurasannya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuat sistem pemantauan cargo hold bilge kapal dengan metode range berbasis microcontroller. Sistem ini mengatur kecepatan pompa DC dengan 3 variasi kecepatan yaitu 30%, 50% , dan 100%. Kontroler yang digunakan adalah mikrokontroler ESP32. Untuk menguras air menggunakan pompa DC dan driver motor DC menggunakan D4184 mosfet control module serta mengkomunikasikan dengan Internet of Things (IoT) untuk memudahkan monitoring berbasis web dan mobile. Untuk keperluan monitoring di local area dipasang LCD 3 baris 16 karakter. Tujuan utamanya menciptakan solusi yang efisien dan berkelanjutan. Diharapkan nantinya tidak ada keterlambatan pengurasan bilge akibat human error. Setelah melakukan pengolahan data bahwa menggunakan pengontrolan dengan metode range dan pengontrolan manual menghasilkan perbedaan respon waktu air dalam cargo hold habis yang tidak terpaut jauh yaitu 01.47 detik lebih lambat sistem pengontrolan yang menggunakan metode range daripada sistem yang dijalankan manual. Jika ditinjau dari efisiensi daya sistem cargo hold bilge otomatis lebih efisien dibandingkan dengan sistem cargo hold bilge manual
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 7944/D4PE-20/2024 Lokasi TA : 808 |
Uncontrolled Keywords: | Cargo Hold Bilge, Metode Range, Kecepatan Pompa, Pompa DC. |
Subjects: | PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Elektronika Komunikasi dan Navigasi |
Divisions: | Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:55 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 06:55 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |