RANCANG-BANGUN SISTEM RECOVERY DAYA BATERAI SEPEDA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN JARAK TEMPUH DENGAN METODE FUZZY LOGIC

FADHIL, DONIA ATHA (2024) RANCANG-BANGUN SISTEM RECOVERY DAYA BATERAI SEPEDA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN JARAK TEMPUH DENGAN METODE FUZZY LOGIC. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0420040028 - Donia Atha Fadhil - Rancang-Bangun Sistem _i_Recovery__i_ Daya Baterai Sepeda Listrik untuk Meningkatkan Jarak Tempuh dengan Metode _i_Fuzzy Logic__i_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda listrik adalah salah satu alat transportasi yang dapat berjalan seperti sepeda motor konvensional namun tidak menimbulkan polusi udara dikarenakan sepeda listrik menggunakan motor BLDC (Brushless Direct Current Motor) sebagai penggerak roda. Motor BLDC mampu menggerakan sepeda listrik dengan cara merubah energi listrik dari baterai menjadi gaya kinetik yang diaplikasikan pada roda belakang sepeda listrik. Kekurangan sepeda listrik terdapat pada baterainya sendiri dimana baterai sepeda listrik hanya mampu membawa sepeda listrik berjalan tidak begitu jauh dan lama pemakaiannya terbatas dengan spesifikasi baterai. Pada perancangan ini memanfaatkan sisa energi kinetik yang dihasilkan motor listrik untuk memutar generator DC agar dapat menghasilkan energi listrik DC kemudian energi listrik digunakan untuk melakukan pengecasan kembali pada baterai sehingga sepeda listrik dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Baterai tidak disarankan untuk menggerakan beban dan dicas dalam satu waktu sehingga akan ditambahkan baterai ke 2 dan dibuat juga sistem switching pada baterai kedua untuk mengatur mana baterai yang harus dicas dan digunakan untuk menggerakan beban. Pada tugas akhir ini juga di tambahkan sistem booster untuk menambah tenaga sepeda listrik dalam beberapa kondisi jalan tertentu. Metode fuzzy logic akan diimplementasikan pada sistem booster pada sepeda listrik. Setelah pengimplementasiannya didapati hasil peningkatan waktu oprasional sebesar 33% yang sebelumnya hanya mampu beroperasi selama 60 menit menjadi 80 menit, dan peningkatan jarak tempuh sebesar 60% dari 12,73 km menjadi 20,38 km.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7951/D4PE-20/2024 Lokasi TA : 815
Uncontrolled Keywords: Sepeda Listrik, Baterai, Sistem Recovery
Subjects: PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Elektronika Komunikasi dan Navigasi
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2025 06:21
Last Modified: 04 Jun 2025 06:21
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item