REDESAIN DAN ANALISIS FATIGUE LIFE PADA CHASSIS SIDE DUMP TRUCK 085 DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Nur, Azkaf (2024) REDESAIN DAN ANALISIS FATIGUE LIFE PADA CHASSIS SIDE DUMP TRUCK 085 DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0720040012 - Azkaf Nur - Redesain dan Analisis _i_Fatigue Life__i_ pada _i_Chassis Side Dump Truck__i_ 085 dengan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Side dump truck harus dipastikan dalam kondisi baik dan mampu menopang beban dengan aman. Umumnya, dalam proses pengangkutan, terjadi tegangan berulang yang dapat menyebabkan kelelahan (fatigue) pada kurun waktu tertentu, yang mempengaruhi umur konstruksi. Berdasarkan latar belakang diatas dapat dituliskan rumusan masalah “Dimana lokasi, nilai stress tertinggi dan fatigue life yang terjadi sebelum dan sesudah perubahan geometri?”. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi nilai fatigue life dari desain bracket chassis frame guna memahami pengaruhnya terhadap lokasi stress, nilai stress tertinggi, serta umur konstruksi. Research design penelitian ini dilakukan dengan menggunakan simulasi. Desain awal yang tidak memiliki bracket, desain 1 dan desain 2 yang dilakukan penambahan bracket divariasikan dalam pembebanan tertentu sehingga didapatkan nilai stress range pada masing- masing model dan pembebanan. Selanjutnya, perhitungan manual umur (fatigue life) dilakukan dengan mengacu pada AWS D1.1. Instrumen pada penelitian ini adalah Autodesk Inventor Professional dan Ansys. Hasil simulasi menunjukkan bahwa lokasi stress tertinggi desain awal dan desain 1 terjadi pada sambungan antara longeron dan support hanger. Sedangkan pada desain 2 terjadi pada area di dalam support hanger. Stress range tertinggi terjadi pada variasi desain awal dengan pembebanan 110 ton sebesar 179,26 MPa, yang memiliki umur 26.07 tahun. Sementara itu, stress range terendah terjadi pada variasi desain 2 dengan pembebanan 85 ton sebesar 112,35 MPa, yang memiliki umur 106.04 tahun. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu desain 2 menghasilkan umur yang lebih Panjang, dan menjadi desain yang direkomendasikan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi untuk industri yang bergerak pada bidang konstruksi side dump truck

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 8131/TL-20/2024 Lokasi TA : 582
Uncontrolled Keywords: side dump truck, bracket, fatigue life, metode elemen hingga, stress range
Subjects: TPL - Teknik Pengelasan > Pengelasan (Welding)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 May 2025 08:06
Last Modified: 27 May 2025 08:06
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6287

Actions (login required)

View Item View Item