SAPUTRA, MAHESA DWI (2024) STUDI PERBANDINGAN KEBUTUHAN MATERIAL BERDASARKAN PERBEDAAN SPESIFIKASI PADA PROSES BLASTING PAINTING TONGKANG 300 FEET. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
![]() |
Text
0221030046 - Mahesa Dwi Saputra - Studi Perbandingan Kebutuhan Material Berdasarkan Perbedaan Spesifikasi pada Proses _i_Blasting Painting__i_ Tongkang 300 _i_Feet__i_.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengangkat proses repaint dan blasting terhadap kapal tongkang di PT X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu perbandingan kebutuhan material berdasarkan spesifikasi order. Penelitian ini melibatkan estimasi bahan untuk cat yang dibutuhkan untuk pekerjaan pengecatan dan membutuhkan bahan pasir silica untuk pekerjaan blasting. Untuk menghilangkan korosi pada lambung kapal diperlukan reparasi pengecatan yang terdiri dari proses sandblasting dan painting. Lambung kapal yang direparasi terdiri dari bagian underwater yang berada dibawah garis DWL dan bagian top side yang berada diatas garis DWL. Perhitungan dan perbandingan antar kebutuhan material pada proses sandblasting dan painting diperlukan untuk mengetahui kebutuhan material sandblasting dan painting yang lebih efisien. Dalam tugas akhir ini, saya mengestimasi kebutuhan material untuk proses sandblasting dan painting. Untuk mengetahui kebutuhan material pada sandblasting, saya membandingkan antara pengujian sandblasting dengan material pasir yang sama tapi ukuran mesh yang berbeda yaitu 6-8 dan 8-16 menggunakan tekanan kompresor 7 bar menggunakan material abrasif pasir silika dan pengujian dilakukan pada test piece baja dengan dimensi (300 x 300 x 10) mm sebanyak 3 plat. Sedangkan untuk mencari kebutuhan painting membandingkan perhitungan antar 4 produk yaitu Jotun,hempel,international dan Chugoku. Saya menggunakan perbandingan DFT 0 TSR 1 = DFT 1 TSR 0 dengan membandingkan antara theoritical spreading rate dengan ketebalan cat yang diinginkan yaitu 335 mikron untuk bagian underwater (150 mikron primer, 75 mikron anti corrosion, 110 mikron anti fouling) dan 295 mikron untuk bagian top side (120 mikron primer, 75 mikron anti corrosion, 100 mikron finish coat). Dari pembahasan Tugas Akhir saya ini, didapatkan kebutuhan material sandblasting dengan material abrasif pasir silika yang paling efisien yaitu sebesar 110.240,305 kg. Sedangkan total kebutuhan cat yang paling efisien adalah sebesar 1097,23 liter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 7792/SB-21/2024 Lokasi TA : 439 |
Uncontrolled Keywords: | Kapal, Tongkang, Sandlasting, Painting. |
Subjects: | SB - Teknik Bangunan Kapal > Produksi Kapal (Ship Production) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:02 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |