ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA BONGKAR MUAT DI TUKS PT PETROKIMIA GRESIK MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV)

Adawiyah, Fithriyatul (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA BONGKAR MUAT DI TUKS PT PETROKIMIA GRESIK MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (PGCV). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1120040034 - Fithriyatul Adawiyah - Analisis Kualitas Layanan Jasa Bongkar Muat di TUKS PT Petrokimia Gresik Menggunakan Metode _i_Importance Performance Analysis__i_ (IPA) dan _i_Potential Gain in Customer Value__i_ (PGC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu perusahaan yang memiliki terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang menunjang aktivitas pembongkaran bahan baku produksi dan aktivitas muat untuk hasil produksi, namun dalam melaksanakan kegiatan bongkar muatnya ditemukan penurunan arus bongkar muat yang signifikan mencapai 26,7% dari tahun 2019 hingga tahun 2023. Hal ini merupakan dampak dari menurunnya kuantum bahan baku curah karena adanya perubahan kebijakan terkait subsidi pupuk dan terdapat beberapa masalah pada kualitas pelayanan jasa bongkar muat. Untuk menjaga kualitas pelayanan dan pengelolaan bongkar muat yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan keinginan pengguna jasa, perlu dilakukan pengukuran kualitas layanan untuk mengetahui tingkat layanan yang diberikan kepada pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan perusahaan, dan Potential Gain in Customer Value (PGCV) untuk mengetahui prioritas dalam peningkatan kualitas layanan jasa bongkar muat. Hasil matriks IPA menggambarkan empat atribut di dalam kuadran I yang menunjukkan kinerja kualitas layanan rendah dengan harapan pelanggan yang tinggi. PGCV menghasilkan urutan prioritas perbaikan yaitu memahami kebutuhan pengguna jasa, tanggap terhadap masalah alat bongkar muat, kemudahan koordinasi dengan personel pelabuhan, dan kesesuaian jadwal bongkar muat kapal. Dari hasil wawancara dan brainstorming didapatkan empat rekomendasi perbaikan untuk mengatasi permasalahan tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Importance Performance Analysis (IPA), Pelayanan Jasa Bongkar Muat, Potential Gain in Customer Value (PGCV)
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:30
Last Modified: 16 Oct 2024 06:30
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item