ANALISIS KEKUATAN DOUBLE CRUCIFORM BOLLARD DENGAN VARIASI DIAMETER PADA KAPAL FLOATING LOADING FACILITY MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

RAHMANIAH, FIKA ALFIN (2024) ANALISIS KEKUATAN DOUBLE CRUCIFORM BOLLARD DENGAN VARIASI DIAMETER PADA KAPAL FLOATING LOADING FACILITY MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0121030009 - Fika Alfin Rahmaniah - Analisis Kekuatan _i_Double Cruciform Bollard__i_ dengan Variasi Diameter pada Kapal _i_Floating Loading Facility__i_ Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Double cruciform bollard merupakan perlengkapan kapal yang digunakan untuk mengikat tali tambat kapal di dermaga. Double cruciform bollard juga bisa mengalami kerusakan karena ketidaksesuaian antara beban dan besar, sehingga mengalami bengkok dan bisa terjadi patah. Dari permasalahan tersebut, penulis melakukan analisis kekuatan double cruciform bollard menggunakan metode elemen hingga dengan variasi diameter pada bollard sehingga ditemukan nilai tegangan maksimum, defleksi maksimum, serta safety factor. Dari hasil analisis diameter yang memenuhi untuk kekuatan Safe Working Load (SWL) 30 Ton adalah bollard dengan Ø14 dan Ø16 dengan beban maksimal pada bollard adalah 30,98 ton dan 43,39 ton, nilai tegangan maksimum double cruciform bollard Safe Working Load (SWL) 30 ton yang memenuhi tegangan izin adalah Ø12, Ø14, dan Ø16 dengan nilai berturut turut 40,04 N/mm², 34,45 N/mm², dan 24,73 N/mm², nilai defleksi yang memenuhi defleksi izin adalah Ø12, Ø14, dan Ø16 berturut- turut 0,46 mm, 0,33 mm dan 0,22 mm, nilai safety factor yang memenuhi safety factor dari rules American Bureau of Shipping (ABS) adalah Ø12, Ø14, dan Ø16 berturut – turut adalah 3,51, 4,08, dan 5,68. Berdasarkan perhitungan dan analisis yang dilakukan diameter yang dapat digunakan untuk double cruciform bollard Safe Working Load (SWL) 30 ton adalah Ø14, dan Ø16.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: double cruciform bollard, tegangan maksimum, defleksi, safety factor, metode elemen hingga
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:59
Last Modified: 14 Oct 2024 06:59
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

View Item View Item