ANALISIS VARIASI BENTUK SKEG KAPAL TONGKANG TERHADAP TAHANAN DAN POLA ALIRAN DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

PRASTIKA, CHINTYA INTAN (2024) ANALISIS VARIASI BENTUK SKEG KAPAL TONGKANG TERHADAP TAHANAN DAN POLA ALIRAN DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0121030042 - Chintya Intan Prastika - Analisis Variasi Bentuk _i_Skeg__i_ Kapal Tongkang terhadap Tahanan dan Pola Aliran dengan Metode _i_Computational__i_ _i_Fluid__i_ _i_Dynamics__i_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dunia maritim ditunjang banyak teknologi untuk membantu kemudahan dalam mobilitas. Salah satunya adalah kapal tongkang. Kapal tongkang tidak memiliki sistem penggerak sendiri sehingga memerlukan kapal tunda untuk menariknya. Maka kapal tongkang harus memiliki performa yang efisien. Modifikasi pada buritan kapal akan mengalami perubahan hambatan serta kecepatan aliran fluida yang dihasilkan. Penelitian ini diperlukan simulasi dan analisis lebih lanjut untuk mengetahui nilai drag force dan velocity-u untuk mendapatkan variasi yang paling optimal. Analisis ini dilakukan menggunakan 12 variasi. Untuk mengetahui bentuk skeg yang optimal, dilakukan simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan menggunakan software ANSYS Workbench. Berdasarkan hasil simulasi dan analisis yang telah dilakukan pada kecepatan 4 knots didapatkan variasi 3 adalah variasi paling optimal dengan nilai drag force 16759,00 N dan velocity-u 2,07239 m/s. Pada kecepatan 8 knots juga didapatkan variasi 3 menjadi variasi paling optimal dengan nilai drag force 63862,10 N dan velocity-u 4,14448 m/s. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi skeg pada kapal tongkang dengan kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi diperoleh hasil yang berbanding lurus dengan pola aliran yang dihasilkan adalah sama yaitu aliran turbulen dengan Reynolds Number lebih dari 5000. Hasil dari analisis ini kedepannya dapat membantu mempermudah dalam pemilihan desain perancangan kapal tongkang yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tongkang, Barge, Skeg, Drag Force, Velocity u
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:57
Last Modified: 02 Oct 2024 02:57
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6085

Actions (login required)

View Item View Item