REDESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI PUMP ROOM PADA BARGE MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Rejeki, Indah Wulandari Sri (2024) REDESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI PUMP ROOM PADA BARGE MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0120040072 - Indah Wulandari Sri Rejeki - Redesain dan Analisis Kekuatan _i_Pump__i_ _i_Room__i_ pada _i_Barge__i_ Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kapal slurry placing barge di Batam mengalami masalah desain pump room, sehingga memerlukan pelepasan dan penggantian stanchion untuk memenuhi standar RINA. Penelitian ini berfokus pada perhitungan bending moment maksimum, pengecekan faktor keamanan tanpa stanchion, dan alternatif konstruksi untuk memastikan kekuatan dan mencegah insiden terkait beban deck. Metode penyelesaian melibatkan pemodelan konstruksi pump room menggunakan Autocad, kemudian dianalisis menggunakan software FEM dan perhitungan manual menggunakan excel untuk mengetahui modulus penguat yang dibutuhkan sebagai pengganti diagonal stanchion yang telah dilepas. Hasil menunjukan bahwa bending moment maksimum pada frame 19 pada kondisi hogging adalah base model 6133,074 kN.m, variasi 1 6213,752 kN.m, variasi 2 6154,527 kN.m, variasi 3 6119,754 kN.m. Model tanpa stanchion menunjukkan tegangan ekuivalen maksimum 40,28 MPa dan minimum 6,22E-04 MPa, dengan tegangan izin BKI 120 MPa. Safety factor yang dihasilkan adalah 2,979, memenuhi standar faktor keamanan. Dibandingkan base model dan variasi lainnya, safety factor model tanpa stanchion ini paling kecil. Variasi paling aman ketika diagonal stanchion dihilangkan adalah variasi 3 dengan modifikasi web frame sepanjang pump room. Tegangan maksimum dari variasi 3 berdasarkan perhitungan manual dan analisis software adalah 22,814 MPa dan 22,798 MPa. Faktor keamanan berdasarkan perhitungan manual dan analisis software adalah 5,196 dan 3,390.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Faktor Keamanan, Kapal Tongkang, Pump Room, Stanchion, FEM
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:55
Last Modified: 30 Sep 2024 05:55
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/6067

Actions (login required)

View Item View Item