RENCANA PENJADWALAN PENGGANTIAN KOMPONEN FUEL INJECTION PUMP TIPE INLINE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR BERDASARKAN PENYIMPANGAN KINERJA

Syarif, Joeshilla (2024) RENCANA PENJADWALAN PENGGANTIAN KOMPONEN FUEL INJECTION PUMP TIPE INLINE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR BERDASARKAN PENYIMPANGAN KINERJA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0321030015 - Joeshilla Syarif - Rencana Penjadwalan Penggantian Komponen _i_Fuel Injectuin Pump__i_ Tipe _i_Inline__i_ terhadap Konsumsi Bahan Bakar berdasarkan Penyimpangan Kinerja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fuel injection pump pada industri perkapalan bekerja dengan jam kerja yang tidak menentu menyebabkan perawatannya tidak sesuai dengan jadwal perawatan. Jika kondisi kapal dan galangan banyak pekerjaan maka dapat mengakibatkan fuel injection pump rusak. Terdapat cara untuk melakukan penjadwalan perawatan fuel injection pump yaitu dengan Failure Finding Task untuk menentukan waktu yang optimal melakukan perawatan. Dalam penelitian ini hasil failure finding task didapatkan waktu rata - rata perawatan untuk mesin bantu dengan daya 105,6 kW selama 2 bulan 24 hari, mesin bantu dengan daya 112,5 kW selama 1 bulan 20 bulan, dan mesin bantu dengan daya 300 kW selama 3 bulan. Sedangkan penyimpangan aliran bahan bakar pada fuel injection pump untuk penggunaan mesin alat berat dengan daya 78 kW pada kondisi RPM maksimal 1200 RPM pada silinder pertama sebesar 20% dan 40% pada silinder kedua sampai silinder keenam. Pada kondisi idle 325 RPM penyimpangan bahan bakar pada silinder pertama sampai silinder keempat sebesar 60% dan 100% pada silinder kelima sampai silinder keenam. Pada kondisi start 100 RPM penyimpangan bahan bakar pada silinder pertama sampai silinder keempat sebesar 29,82% dan 64,91% pada silinder kelima sampai silinder keenam. Sedangkan penyimpangan tekanan pada injektor untuk mesin dengan daya 120 kW terdapat pada injector nomor tiga dengan penyimpangan sebesar 0,4289 bar/Jam dan penyimpangan paling kecil pada injector nomor lima dengan penyimpangan sebesar 0,0123 bar/Jam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: fuel injection pump, failure finding interval.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:20
Last Modified: 06 Sep 2024 08:35
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item