ANALISIS PERHITUNGAN KEBUTUHAN PLAT DAN JAM ORANG PADA PROSES PENGERJAAN REPLATING KAPAL KM. PUTRA KUSUMA

SAFITRI, DEVI KARTIKA (2024) ANALISIS PERHITUNGAN KEBUTUHAN PLAT DAN JAM ORANG PADA PROSES PENGERJAAN REPLATING KAPAL KM. PUTRA KUSUMA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0121030013 - Devi Kartika Safitri - Analisis Perhitungan Kebutuhan Plat dan Jam Orang pada Proses Pengerjaan _i_Replating__i_ Kapal KM. Putra Kusuma .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jam orang (JO) adalah jam kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sampai pekerjaan itu selesai. Material dasar yang berupa plat adalah komponen utama konstruksi plat. Perencanaan jam orang (JO) dan perencanaan kebutuhan material plat sangatlah penting untuk dilakukan agar tidak terjadi penambahan jam orang dan pengguna material plat lebih menjadi efisien. Pada tugas akhir ini akan mencari hasil kebutuhan jam orang dan kebutuhan plat melalui perhitungan secara perencanaan pada proses replating lambung kapal disetiap- setiap bagian. Hasil dari perhitungan untuk didapatkan jumlah jam orang dan kebutuhan material plat bagian lambung kapal yaitu melalui perhitungan perencanaan. Perencanaan kebutuhan material plat untuk lambung kapal yaitu 2512,78 kg dengan total luas alas 31,38 m² dan persentase sebesar 71%. Dengan setiap lembar plat memiliki luas 11,15 m². Sehingga jumlah keseluruhan plat untuk replating lambung kapal sejumlah 4 lembar dengan menggunakan plat ketebalan 10 mm. Sesuai dengan perhitungan yang telah direncanakan total seluruh plat dasar yang digunakan untuk replating lambung kapal 3500,47 kg, sehingga didapatkan plat yang terbuang memiliki berat 602,22 kg dan luas sebesar 8,18 m² dengan persentase plat terbuang sebesar 18 % dan plat sisa memiliki berat 385,44 kg dan luas sebesar 5,04 m² dengan persentase plat sisa sebesar 11%. Selanjutnya, pada tahap pengerjaan replating lambung kapal menghabiskan jam orang sebanyak 1585,32 JO dengan penyelesaian selama 20 hari, dengan hasil dari asumsi perusahaan selama 21 hari. Hal ini disebabkan karena keterlambatan datangnya material plat karena kurangnya komunikasi perusahaan kapal dengan kontraktor selain itu karena cuaca yang tidak mendukung yang tidak memungkinkan untuk dilakukannya blasting

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jam Orang, Replating, Lambung Kapa
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:43
Last Modified: 06 Sep 2024 09:12
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5829

Actions (login required)

View Item View Item