PERANCANGAN KAPAL PENUMPANG DENGAN VARIABLE DEGREE STEPPED HULL SEBAGAI PENUNJANG TRANSPORTASI DI KECAMATAN BELAKANG PADANG KOTA BATAM

ALFAUZAN, FADEL RIFQI (2024) PERANCANGAN KAPAL PENUMPANG DENGAN VARIABLE DEGREE STEPPED HULL SEBAGAI PENUNJANG TRANSPORTASI DI KECAMATAN BELAKANG PADANG KOTA BATAM. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0120040019 - Fadel Rifqi Alfauzan - Perancangan Kapal Penumpang dengan _i_Variable Degree Stepped Hull__i_ sebagai Penunjang Transportasi di Kecamatan Belakang Padang Kota Batam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Belakang Padang merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Batam yang terletak berbeda pulau dengan Kota Batam sehingga transportasi laut menjadi suatu hal penting dikarenakan 70% mobilitas warga menggunakan transportasi laut untuk menyebrang menuju Kota Batam. Keadaan perahu penyebrangan yang digunakan untuk penyebrangan jauh dari standard pelayaran yang berlaku sehingga ada kemungkinan bahaya yang terjadi ketika kapal berlayar. Untuk itu diperlukan rancangan kapal penumpang dengan variable degree stepped hull. Penentuan ukuran utama kapal menggunakan metode regresi linier dan menghasilkan ukuran utama kapal, panjang (L) 16 meter, lebar (B) 4 meter, tinggi (H) 1,75 meter, dan sarat (T) 0,7 meter. Lambung kapal dirancang monohull yang dilengkapi variable degree stepped hull yang dinilai lebih efektif. Kapal penumpang dirancang memiliki fasilitas ruang utama yang bisa menampung 40 penumpang yang dilengkapi oleh toilet. Analisa hambatan kapal menggunakan metode savitsky planning menghasilkan hambatan lambung menggunakan variable degree stepped hull sebesar 529 HP dengan kecepatan 24, lebih baik 7% dari regular hull. Perhitungan konstruksi mengacu pada regulasi BKI FRP 2021 dan diperoleh LWT sebesar 12,687 ton dan DWT sebesar 4,332 ton. Hasil perhitungan analisa floodable length secara keseluruhan telah memenuhi. Hasil perhitungan stabilitas mengacu pada regulasi kriteia IMO A749 pada 3 kondisi yang berbeda dan secara keseluruhan telah memenuhi persyaratan. Hasil analisa seakeeping, Operabilitas, MII, dan MSI mengacu pada kriteria Olson 1978 secara keseluruhan telah memenuhi persyaratan. Kemudian penggambaran 3D desain kapal untuk menyempurnakan rancangan kapal yang sudah dibuat. Desain kapal penumpang ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif transportasi di kecamatan Belakang Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kapal Penumpang, Variable Degree Stepped Hull, Perancangan
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:06
Last Modified: 06 Sep 2024 08:51
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item