DESAIN PONDASI KONVERSI INTERNAL COMBUSTION ENGINE PADA MESIN OUTBOARD 3 PK MATSUMOTO MENJADI ELECTRIC DRIVE

FAHMI, AMMAR FIKRIYYA (2024) DESAIN PONDASI KONVERSI INTERNAL COMBUSTION ENGINE PADA MESIN OUTBOARD 3 PK MATSUMOTO MENJADI ELECTRIC DRIVE. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0320040009 - Ammar Fikriyya Fahmi - Desain Pondasi Konversi Internal _i_Combustion Engine__i_ pada Mesin _i_Outboard__i_ 3 PK Matsumoto Menjadi _i_Electric Drive__i_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan biaya bahan bakar fosil dan pencemaran lingkungan telah mendorong perhatian para peneliti pada abad ke-21 terhadap energi alternatif.Sumber energi alternatif yang efisien adalah yang berbasis langsung dengan listrik, dimana pemerintah, akademisi, dan sektor swasta semakin terlibat dalam pencarian sumber energi berkelanjutan. Indonesia memiliki banyak sumber energi terbarukan, seperti matahari, angin, dan air, yang membuatnya menjadi lokasi penting untuk pengembangan dan pemanfaatan sumber energi terbarukan baru. Penggunaan mesin outboard konvensional masih mendominasi di Indonesia yang menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan. Mesin outboard konvensional selain boros, juga menghasilkanemisi berlebihan yang mencemari lingkungan laut. Penggunaan mesin 2 langkah dengan karburator juga terbukti lebih merugikan yang diperkirakan mengeluarkan 4.5 kali lebih banyak emisi daripada mesin outboard 2 langkah yang menggunakan sistem injeksi. Untuk mengatasi dampak negatif ini, konversi mesin outboard konvensional menjadi Outboard berbasis motor listrik tersebut adalah salah satu solusi yang potensional dan dapat diterapkan. Konversi ini mempertimbangkan konsumsi bahan bakar, efisiensi energi, nilai ekonomi, ketersediaan bahan bakar, dan emisi. Namun, dalam melakukan pengkonversian tersebut maka perlu penyesuaian pada pondasi mesin outboardsebelumnya untuk menanggung beban dinamis maupun beban dinamis yang dihasilkan oleh motor listrik selama pengoperasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pondasi optimal untuk konversi mesin outboard 3 pk menjadi penggerak motor listrik. Fokusnya mencakup ketahanan struktur, Safety factor dan redaman motor listrik dengan merancang pondasi yang optimal. Dengan membandingkan mesin konvensional dan motor listrik, penelitian ini bertujuan menyusun panduan desain pondasi yang memenuhi persyaratan teknis dan yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan mendukung tujuan keberlanjutan energi maritim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Desain Pondasi, Faktor Keamanan, Kapal Listrik, Konversi Penggerak Listrik, Mesin Tempel.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:52
Last Modified: 06 Sep 2024 08:31
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item