ANALISIS KARAKTERISTIK DAN ENGINE PROPELLER MATCHING PADA PROPELLER DTMB 4119 DENGAN VARIASI JUMLAH DAUN PADA KAPAL COMBATANT 142 METER

JUNIANTO, VERI (2024) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN ENGINE PROPELLER MATCHING PADA PROPELLER DTMB 4119 DENGAN VARIASI JUMLAH DAUN PADA KAPAL COMBATANT 142 METER. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0320040034 - Veri Junianto - Analisis Karakteristik dan _i_Engine Propeller Matching__i_ pada _i_Propeller__i_ Dtmb 4119 dengan Variasi Jumlah Daun pada Kapal _i_Combatant__i_ 142 Meter.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Masalah keamanan maritim di abad ke-21 membutuhkan kapal kombatan DTMB (David Taylor Model Basin) 5415 dengan persenjataan yang kompleks, kecepatan, dan efisiensi yang tinggi. meminimalkan konsumsi energi sekaligus menghasilkan daya yang sesuai dalam rentang kecepatan yang diinginkan kapal perang. Propeller menjadi komponen utama dalam desain kapal perang. Dipilih Propeller DTMB 4119 merupakan jenis Propeller modern karena kesesuaiannya untuk kapal berkecepatan dan efisiensi tinggi. Penelitian ini menganalisis thrust, torque, dan efisiensi dengan variasi penambahan jumlah blade . dengan menggunakan software modelling dan software simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD). perbandingan Propeller pada variasi 3,4 dan 5 blade, untuk mendapatkan rekomendasi propeller dengan hasil yang paling baik kemudian di cari pemilihan Engine dan menghitung Engine Propeller Matching (EPM). Hasil simulasi, semakin bertambah jumlah blade dengan luasan sama, maka nilai gaya dorong dan torsi yang paling besar dihasilkan, yaitu 2302509,3 N dan 2633061,6 Nm pada 5 blade pada J 0,83. Kemudian, semakin besar nilai gaya dorong atau torsi, maka semakin baik pula performa baling-baling tersebut. Untuk efisiensi, dengan nilai terbesar adalah pada 3 blade J 0.83 sebesar 0.735. di pilih 4 engine dengan Twin screw 2 engine untuk kecepatan patroli 18 kN dan 2 engine untuk kecepatan maksimal 27 kN

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penambahan jumlah blade, Peformance, Computational Fluid Dynamic (CFD), Engine Propeller Matching (EPM).
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:47
Last Modified: 09 Sep 2024 01:01
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item