PERENCANAAN PROPELLER DAN ENGINE PROPELLER MATCHING PADA KAPAL PENUMPANG AKIBAT PERGANTIAN MESIN INDUK

Salsabilah, Dhiya’ Dibaj Fatinah (2024) PERENCANAAN PROPELLER DAN ENGINE PROPELLER MATCHING PADA KAPAL PENUMPANG AKIBAT PERGANTIAN MESIN INDUK. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0320040071 - Dhiya' Dibaj Fatinah Salsabilah - Perencanaan _i_Propeller__i_ dan _i_Engine Propeller Matching__i_ pada Kapal Penumpang Akibat Pergantian Mesin Induk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kapal penumpang rute pelayaran perairan Kupang – Rote mengalami modifikasi atau re-building akibat tenggelam di Pelabuhan Balok, Nusa Tenggara Timur pada tahun 2021. Sehingga perlu dilakukan pergantian sistem propulsi pada kapal. Bertolak dari permasalahan di atas maka akan dilakukan perencanaan pemilihan mesin induk baru agar di dapatkan matching point antara lambung, propeller, dengan daya mesin induk baru. Langkah pertama yaitu melakukan perhitungan tahanan secara manual (Harvald) dan menggunakan software maxsurf. Langkah selanjutnya yaitu perhitungan kebutuhan daya (Brake Horse Power) untuk menyesuaikan dengan ketersediaan main engine. Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai tahanan sebesar 132,777 kN. Total kebutuhan daya main engine 1128,1111 kW atau 1512,2136 HP. Daya hasil perhitungan yang didapatkan dibawah ketersediaan daya main engine yang dipilih yaitu MAK 1140 kW, MAN BW 1290 kW dan Wartsila 1200 kW. Setelah dilakukan pemilihan propeller didapatkan propeller dengan tipe B4-85 dengan diameter 2,27 meter, efisiensi sebesar 0,620 dan tidak terjadi kavitasi. Pada saat trial menghasilkan daya sebesar 83,77% pada 100% Rpm, saat service menghasilkan daya sebesar 87,96% pada 100% Rpm. Dari penelitian ini dihasilkan gambar propeller sebagai output. Setelah didapatkan matching point, dilakukan perhitungan Energy Efficiency Design Index (EEDI) dengan nilai EEDI kapal < nilai EEDI yang diperlukan, yaitu sebesar 28,42 gr-CO2/T-mile < 38,63 gr-CO2/T-mile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Engine Propeller Matching, Harvald, Software Maxsurf, EEDI
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:43
Last Modified: 09 Sep 2024 01:28
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item View Item