OPTIMASI KECEPATAN OPERASIONAL KAPAL DENGAN PENDEKATAN ENERGY EFFICIENCY OPERATIONAL INDICATOR (EEOI) PADA KAPAL RO-RO PASSANGER SURABAYA-LOMBOK

Al Fatah, Rangga Hidayatulloh (2024) OPTIMASI KECEPATAN OPERASIONAL KAPAL DENGAN PENDEKATAN ENERGY EFFICIENCY OPERATIONAL INDICATOR (EEOI) PADA KAPAL RO-RO PASSANGER SURABAYA-LOMBOK. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0320040018 - Rangga Hidayatulloh Al Fatah - Optimasi Kecepatan Operasional Kapal dengan Pendekatan _i_Energy Eficiency Operational Indicator (EEOI)__i_ pada Kapal _i_Ro-Ro Passanger__i_ Surabaya-Lombok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kapal Ro-Ro Passanger memiliki perkembangan yang cukup tinggi dapat dibuktikan pada Kemenhub yang mencatat perkembangan jumlah Kapal Ro-Ro Passanger yang kian meningkat pada tahun 2011 - 2022 dalam hal ini tidak luput dari penyebaran emisi bahan bakar kapal ke lingkungan, maka dari itu perlunya pengaturan dalam menangani emisi kapal. Sehingga pengukuran harus dikembangkan, pengukuran dilakukan terhadap logistik dan ruang lingkup transportasi Maritim. Peraturan ini dikembangkan oleh IMO guna menggurangi emisi dari kapal. Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengoptimaalkan operasional kapal guna menggurangi konsumsi bahan bakar melalui pendekatan Energy Efficiency Operational Indicator (EEOI). Penelitian ini membandingkan EEOI secara Predicted dan EEOI secara Actual (Recorded), hasil dari perbandingan ini dapat dinyatakan sebagai representasi fouling lambung dan propeller serta penurunan peforma Engine. Diperoleh nilai Selisiherror 6.06 % digunakan untuk pengoptimalan kecepatan dengan dilakukannya penurunan speed maka konsumsi bahan bakar akan berkurang namun, akan bertambahnya waktu layar. Penurunan pada bahan bakar ini juga di pengaruhi oleh kondisi lingkungan dimana kapal dapat mengalami speed loss. Optimalisasi di lakukan dari speed awal 11.5 knot sampai 9 knot. Pada penurunan 11 knot EEOI mengalami penurunan sebesar 8.46% sedangkan pada jam layar mengalami kenaikan sebesar 4.59% dan pada kecepatan 9 knot EEOI mengalamai penurunan sebesar 10.21% sedangkan pada jam layar mengalami kenaikan sebesar 5.60% .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Emisi, EEOI, Optimasi Kecepatan, Ro-Ro Passanger, Engine Performance, GHG Emission
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:00
Last Modified: 06 Sep 2024 07:06
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item