PROTOTIPE SISTEM MANAJEMEN DAYA BATERAI BERBASIS MIKROKONTROLER PADA KAPAL KCR60M

WAHYUANTO, RIZKY (2024) PROTOTIPE SISTEM MANAJEMEN DAYA BATERAI BERBASIS MIKROKONTROLER PADA KAPAL KCR60M. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0419040023 - Rizky Wahyuanto - Prototipe Sistem Manajemen Daya Baterai Berbasis Mikrokontroler pada Kapal KCR60M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim terbesar karena memiliki jalur laut terbanyak di dunia. Demi menjaga keamanan jalur laut, militer Indonesia mengerahkan berbagai macam jenis kapal perang. Sebagai penunjang kegiatan operasi kapal perang di laut, baterai sangat dibutuhkan sebagai sumber tegangan cadangan apabila terjadi suatu masalah pada sumber tegangan utama. Beberapa peralatan navigasi membutuhkan energi listrik DC (Direct Current), sehingga tidak bisa mengambil energi listrik langsung dari generator. Baterai pada kapal umumnya akan bekerja secara kontinyu baik itu pada saat standby maupun pada saat sedang charging. Namun, apabila terjadi masalah pada main generator dan emergency generator di waktu yang bersamaan, tidak ada pengaturan penggunaan beban pada baterai yang dapat menyebabkan energi didalam baterai lebih cepat habis. Pada Tugas Akhir ini penulis membuat sistem manajemen daya baterai yang diperlukan untuk mengatur penggunaan peralatan agar energi didalam baterai tidak cepat habis ketika terjadi emergency pada sumber tegangan utama. Metode yang digunakan adalah Decision Tree dan State of Charge dengan Coulumb Counting. Metode ini bertujuan untuk mengatur prioritas beban yang akan diputus, dan untuk menentukan set point berdasarkan persentase energi baterai. Sistem akan mengatur pemakaian energi baterai dengan cara memutus beban berdasarkan persentase dari baterai sesuai urutan prioritas yang telah dibuat serta waktu penggunaan alat di jam kerja atau jam malam. Dari pengaturan beban akan dibaca arus, tegangan, dan waktu penggunaan alat. Sistem telah diuji dengan beberapa kondisi, yaitu sistem tanpa metode, menggunakan metode State of Charge, metode Decision Tree, serta metode gabungan Decision Tree dengan State of Charge. Hasil pengujian keseluruhan sistem didapat bahwa penggunaan metode terbukti dapat memperpanjang waktu penggunaan baterai dengan kapasitas 3,5Ah dari yang awalnya hanya 20 menit di jam kerja dan 14 menit di jam malam, menjadi 40 menit di jam kerja dan 36 menit di jam malam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No Inventaris : 7639/PE-19/2024 Lokasi TA : 766
Uncontrolled Keywords: Manajemen Daya Baterai, Decision Tree, State of Charge, Coulumb Counting, ESP8266
Subjects: PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Elektronika Komunikasi dan Navigasi
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:54
Last Modified: 28 Jun 2024 03:54
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item View Item