ANALISIS KEPUASAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA PERUSAHAAN PENYEDIA JASA LAYANAN BONGKAR MUAT DI SURABAYA

Chika Isnaini, Adinda (2023) ANALISIS KEPUASAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA PERUSAHAAN PENYEDIA JASA LAYANAN BONGKAR MUAT DI SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1119040062 - Adinda Chika Isnaini - Analisis Kepuasan Pegawai Menggunakan Metode i Importance Performance Analysis _i pada Perusahaan Penyedia Jasa Layanan Bongkar Muat di Surabaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan Penyedia Jasa Layanan Bongkar Muat di Surabaya merupakan perusahaan yang berkomitmen menjalankan Good Corporate Governance (GCG). Salah satu wujud penerapan GCG yang baik terkait kepuasan pegawai dapat dilihat dari minimnya permasalahan terkait pegawai yang muncul pada perusahaan. Nyatanya hal ini masih terjadi, produktivitas pegawai kurang baik di tahun 2022 dan masih kurangnya disiplin kerja para pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan survei kepuasan pegawai dan memberikan rekomendasi perbaikan sebagai pemenuhan salah satu aspek GCG assessment 2023, serta untuk meningkatkan kepuasan pegawai guna mengatasi permasalahan yang berpotensi merugikan perusahaan dalam jangka panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) guna mengetahui atribut yang menjadi prioritas perbaikan. Konsep Fishbone Diagram dan 5W+1H juga digunakan untuk menganalisis akar permasalahan dari kurang puasnya pegawai atas atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan membantu merumuskan rekomendasi perbaikan terhadap permasalahan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat tiga indikator prioritas perbaikan diantara 38 indikator pengukuran dalam penelitian, yaitu kesesuaian gaji dengan tanggung jawab, perhatian yang cukup kepada pegawai, dan kebijakan yang dibuat perusahaan sesuai dengan standar GCG dan pedoman serta penilaian perilaku. Dari hasil identifikasi akar permasalahan dan perumusan rekomendasi perbaikan didapatkan empat perbaikan yang direkomendasikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7603/MB-19/2023 Lokasi TA : 270
Uncontrolled Keywords: Importance Performance Analysis (IPA), Kepuasan Pegawai, Perusahaan Penyedia Jasa Layanan Bongkar Muat
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:29
Last Modified: 26 Feb 2024 02:29
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item