PENERAPAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX DALAM MERENCANAKAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PELANGGAN KOMERSIAL PADA PERUSAHAAN DISTRIBUSI GAS ALAM DI WILAYAH SURABAYA

JAZILIA, ELIZA (2023) PENERAPAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX DALAM MERENCANAKAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PELANGGAN KOMERSIAL PADA PERUSAHAAN DISTRIBUSI GAS ALAM DI WILAYAH SURABAYA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1119040031 - Eliza Jazilia - Penerapan i Quantitative Strategic Planning Matrix _i Dalam Merencanakan Strategi Pengembangan Bisnis Pelanggan Komersial pada Perusahaan Distribusi Gas Alam di Wilayah Surabaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Distribusi Gas Alam di Indonesia digunakan untuk menggantikan peran LPG yang selama ini digunakan masyarakat untuk kegiatan rumah tangga maupun industri komersial yang diperluas oleh Pemerintah. Seperti halnya di wilayah Surabaya, melalui Perusahaan Distribusi Gas Alam pemerintah mulai mengganti penggunakan Gas LPG dengan Gas Alam. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan alternatif strategi pengembangan bisnis pelanggan komersial pada perusahaan menggunakan SWOT dan untuk memberikan rekomendasi strategi prioritas pengembangan bisnis pada perusahaan menggunakan QSPM. Metode yang digunakan adalah SWOT Analisis dan menggunakan Analisis QSPM untuk mengetahui prioritas strategi dalam mengatasi permasalahan. Teknik pengambilan data menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dengan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT sebagai alat perhitungan penelitian. Didapatkan hasil yaitu terdapat 12 faktor internal yang terdiri dari 8 faktor kekuatan dan 4 faktor kelemahan serta terdapat 10 faktor eksternal yang terdiri dari 6 faktor peluang dan 4 faktor ancaman. Hasil analisis diketahui bahwa perusahaan berada di posisi sel IV yang artinya tumbuh dan berkembang dan terdapat 2 alternatif strategi yaitu penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Hasil akhir penelitian menunjukkan strategi prioritas yang tepat bagi Perusahaan Distribusi Gas Alama yaitu strategi penetrasi pasar agar dapat mengembangkan bisnis pada program GPIK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7574/MB-19/2023 Lokasi TA : 241
Uncontrolled Keywords: Kondisi Internal dan Eksternal, Strategi Bisnis, matriks IE, matriks SWOT, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Keuangan
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:06
Last Modified: 01 Feb 2024 03:06
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item