ANALISA KETERLAMBATAN DAN PENJADWALAN ULANG TERHADAP PROYEK REPARASI KAPAL TUG BOAT

PUTRI ZAHRO, NUR IZZA (2023) ANALISA KETERLAMBATAN DAN PENJADWALAN ULANG TERHADAP PROYEK REPARASI KAPAL TUG BOAT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1119040021 - Nur Izza Putri Zahro - Analisa Keterlambatan dan Penjadwalan Ulang Terhadap Proyek Reparasi Kapal i Tug Boat i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu galangan kapal di Jawa Timur memiliki fasilitas docking seperti Launching Way, Slip Way, dan Floating Dock. Untuk memastikan kepuasan pelanggan, galangan tersebut harus memberikan pelayanan terbaik dalam proses perbaikan kapal. Untuk mencapai tujuan ini, perencanaan menjadi hal dasar yang harus dilakukan. Namun, seringkali terjadi ketidak sesuaian antara rencana dan realisasi dalam penyusunannya karena berbagai faktor yang mempengaruhi proyek reparasi kapal. Proyek reparasi tug boat yang direncanakan selesai dalam 15 hari kerja, namun dalam pelaksanaannya proyek tersebut memakan waktu 27 hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor penyebab keterlambatan proyek reparasi tug boat dan menentukan penjadwalan ulang dengan alternatif penambahan jam kerja 3 jam. Hasil analisis FTA menunjukkan faktor utama penyebab keterlambatan proyek reparasi tug boat, yaitu kesepakatan proyek di awal, repair list kurang rinci, detail pekerjaan menunggu diatas dock, dan adanya temuan atau tambahan pekerjaan saat pelaksanaan. Dalam penjadwalan ulang, dengan menambah jam kerja selama 3 jam, proyek dapat dipercepat menjadi 26 hari dengan biaya sebesar Rp 1.253.332.494. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penjadwalan dengan menambah jam kerja selama 3 jam memiliki durasi lebih pendek dan biaya lebih rendah dibandingkan dengan durasi asli proyek (denda) sebesar Rp 1.256.125.740 dalam waktu 27 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7566/MB-19/2023 Lokasi TA : 233
Uncontrolled Keywords: Fault Tree Analysis. Critical Path Method. Crashing. Lembur 3 jam
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:24
Last Modified: 01 Feb 2024 01:24
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5556

Actions (login required)

View Item View Item