ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK VISITASI CALON PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C- MEANS PADA GALANGAN KAPAL DI JAWA TIMUR

MUKHLISHAH NAUFAL, MAR’IE (2023) ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK VISITASI CALON PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C- MEANS PADA GALANGAN KAPAL DI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1119040020 - Mar'ie Mukhlishah Naufal - Analisis Pengambilan Keputusan untuk Visitasi Calon Pelanggan Menggunakan Metode i Fuzzy C-Means _i pada Galangan Kapal di Jawa Timur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki potensi kekayaan sumber daya laut yang perlu dimanfaatkan. Pemanfaatan ini membutuhkan kapal laut sebagai sarana transportasi perdagangan dan industri galangan kapal berperan penting dalam hal ini. Seperti pada perusahaan galangan kapal di Jawa Timur yang berfokus pada pembangunan baru dan perbaikan kapal. Galangan ini melakukan visitasi ke lokasi calon pelanggan dalam proses pemasarannya. Namun, selama ini belum ada data klasterisasi perusahaan pelayaran yang dapat membantu galangan dalam memprioritaskan calon pelanggan untuk dilakukan visitasi. Hal ini berdampak pada tidak tercapainya angka target proyek reparasi kapal sehingga menjadi kerugian tersendiri bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk cluster berdasarkan faktor pemetaan menggunakan metode Fuzzy C-Means yang diharapkan dapat memperbaiki strategi pemasaran perusahaan sehingga meningkatkan profit dari perusahaan serta dengan mudah menentukan prioritas calon pelanggan yang divisitasi. Pemetaan yang dilakukan menghasilkan 3 cluster untuk tiap wilayah Jakarta dan Surabaya dengan karakteristik yang berbeda. Cluster A, B, dan C merupakan kelompok calon pelanggan sangat, cukup, dan kurang berpotensi untuk divisitasi. Hasil pemetaan di Jakarta secara berurutan dari cluster A, B, dan C berjumlah 67, 30, dan 10 perusahaan. Sedangkan di Surabaya berjumlah 31, 38, dan 8 perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7565/MB-19/2023 Lokasi TA : 232
Uncontrolled Keywords: Calon Pelanggan, Clustering, Fuzzy C-Means, Pemasaran, Visitasi
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:16
Last Modified: 30 Jan 2024 08:16
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item