PERANCANGAN KEY RISK INDICATORS SEBAGAI SISTEM PERINGATAN DINI DALAM USAHA MITIGASI RISIKO PADA PERUSAHAAN TERMINAL PETIKEMAS

FADHILLAH MAHARANI, VITRI (2023) PERANCANGAN KEY RISK INDICATORS SEBAGAI SISTEM PERINGATAN DINI DALAM USAHA MITIGASI RISIKO PADA PERUSAHAAN TERMINAL PETIKEMAS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1119040009 - Vitri Fadhillah Maharani - Perancangan i Key Risk Indicators _i sebagai Sistem Peringatan Dini dalam Usaha Mitigasi Risiko pada Perusahaan Terminal Petikemas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menjalankan bisnis, suatu perusahaan tentunya berorientasi pada keuntungan. Dengan cara meningkatan pemasukan dan menekan pengeluarannya Untuk mencapai sasaran tersebut, perusahaan berpotensi mengalami ketidakpastian maupun kegagalan, hal ini disebut sebagai risiko. Dalam pengelolaan manajemen risiko di perusahaan perlu adanya identifikasi dan pengendalian atas risiko utama beserta indikatornya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan Key Risk Indicators (KRI) sebagai indikator sistem pemberitahuan dini yang aktif apabila terjadi perubahan tingkat risiko. Sehingga, kemungkinan terjadinya risiko dapat direduksi dan tidak berdampak pada kegagalan pencapaian target kinerja operasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan FMEA untuk mengidentifikasi peristiwa risiko yang berpotensi terjadi pada departemen operasional. Terdapat 13 peristiwa risiko yang teridentifikasi. Dari risiko-risiko tersebut, dilakukan pembobotan risiko dan ditemukan 9 risiko utama yang ditentukan mitigasi risikonya. Selanjutnya, dilakukan analisis penyebab pada risiko dengan kategori tinggi, menggunakan pendekatan FTA. Diantaranya risiko kerusakan peralatan dan fasilitas terminal, pemadaman listrik serta keterlambatan penyediaan komponen sparepart. Dari analisis penyebab tersebut, diitemukan indikator risiko beserta ambang batasnya, yakni indikator perawatan peralatan CC dengan batas bawah 20 jam/bulan dan batas atas 53 jam/bulan, indikator perawatan dan pemeliharaan layanan jaringan dengan batas bawah 1 kali/bulan dan batas atas 3 kali/bulan, lalu untuk indikator lamanya pengiriman sparepart dengan batas bawah 5 kali/bulan dan batas atas 9 kali /bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7556/MB-19/2023 Lokasi TA : 223
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Key Risk Indicators, Leading Indicators, FMEA, FTA
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:11
Last Modified: 29 Jan 2024 03:11
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5545

Actions (login required)

View Item View Item