PROTOTYPE EARLY WARNESS CARGO ALARM SYSTEMS CONTROL AND MONITORING MENGGUNAKAN METODE FUZZY

Faqih, Abdulah (2023) PROTOTYPE EARLY WARNESS CARGO ALARM SYSTEMS CONTROL AND MONITORING MENGGUNAKAN METODE FUZZY. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0419040059 - Abdulah Faqih - i Prototype Early Warness Cargo Alarm Systems Control and Monitoring _i Menggunakan Metode i Fuzzy _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam Dunia Maritim Negara Indonesia, kapal adalah sarana penghubung yang paling penting untuk menunjang sarana transportasi laut, pada kapal general cargo yang membawa muatan seperti grains (biji-bijian) maupun ternak suhu normal yang diizinkan yaitu 30C-35C dengan frekuensi motor blower yaitu 35Hz dengan output tegangan yang terbaca oleh VSD yaitu 7V dan putaran motor 805rpm. Oleh karena itu hal dalam menjaga muatan tetap aman menjadi salah satu aspek yang sangat diperhatikan. Untuk mengurangi resiko kerusakan muatan diatas kapal ketika berlayar maka dirancang lah sebuah sistem yang berguna untuk mengontrol dan mengawasi ruang muat kapal yang diawasi yaitu level air bilge well dan juga suhu ruang muat kapal agar tidak terjadi kerusakan muatan saat pengiriman barang. Dari permasalahan diatas hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga muatan tetap dalam kondisi terjaga maka ada parameter yang diperhatikan yaitu inputan ketinggian air, suhu ruang muat palka, dan yang menjadi actuator adalah pompa, cooling fan, heater, PLC, VSD dan media interface yang digunakan adalah HMI. Dengan menggunakan metode fuzzy yang memiliki variable pembanding yang cukup luas maka metode ini cocok untuk diterapkan pada permasalahan diatas. Dengan prinsip kerja apabila terindikasi ada air pada lubang well dan suhu dalam ruang muat melebihi setpoint maka sistem akan mengaktifkan pompa, blower dan heater secara otomatis untuk menjaga kestabilannya. Ketika suhu yang terbaca 40C, maka motor berjalan 917,7 putaran. Dengan adanya VSD maka kecepatan putaran blower akan diatur sesuai dengan pembacaan suhu yang ditampilkan pada HMI sehingga dapat membantu pengoptimalan sistem pengawasan ruang muat pada kapal agar dapat mengurangi resiko human error.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7155/D4PE-19/2023 Lokasi TA : 747
Uncontrolled Keywords: lubang bilge well, PLC, HMI, VSD, metode Fuzzy
Subjects: PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Mesin Listrik dan Elektronika Daya
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:24
Last Modified: 17 Jan 2024 02:24
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item